Peran Kemenag di masyarakat harus nyata

Pemalang – “Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka” (At-Taubah ayat 103).

Unit Pengelola Zakat (UPZ) Kankemenag Kab. Pemalang diharapkan segera mentasarufkan zakat bulan Januari di bulan Februari, begitu pula untuk bulan-bulan selanjutnya. “Prinsip zakat adalah cepat diambil dan cepat dibagikan, jangan disimpan terlalu lama serta untuk pentasarufan zakat ini tidak boleh salah sasaran, harus benar-benar sesuai dengan yang berhak menerimanya”, ungkap Kepala Kankemenag H. Taufik Rahman, S.H., M.Hum dalam pembinaan kepada jajaran pegawai Kankemenag Kab. Pemalang.

Selama bulan Januari, UPZ Kankemenag Kab. Pemalang sudah empat kali mentasarufkan zakat yang dihimpun tahun 2014. Mulai tahun 2015, kegiatan pentasarufan zakat UPZ diselenggarakan dengan melakukan kunjungan ke berbagai daerah oleh Pejabat Kankemenag Kab. Pemalang. Pentasarufan dilaksanakan setelah melakukan sholat Jum’at maupun sholat Isya berjamaah dengan masyarakat setempat.

Pentasarufan tahap pertama di bulan Januari dilaksanakan di masjid Baitussalam desa Mendelem kecamatan Belik setelah shalat Jum’at. Pentasarufan tahap kedua dilaksanakan di masjid Istiqomah desa Jebed Utara kecamatan Taman setelah sholat Isya. Petasarufan tahap ketiga dilaksanakan setelah sholat Isya di masjid Baabussalam desa Susukan kecamatan Comal. Dan pentasarufan tahap keempat di bulan Januari dilaksanakan di masjid Baitul Hikmah desa Rembul kecamatan Randudongkal setelah sholat Jum’at.

Zakat yang ditasarufkan oleh UPZ Kankemenag Kab. Pemalang selama bulan Januari tahun 2015 sebesar Rp. 50.815.000,- untuk beasiswa bagi siswa madrasah, Rp. 8.000.000,- untuk masjid, dan Rp. 100.000.000,- untuk TPQ, madrasah diniyah, pondok pesantren, panti asuhan yatim piatu, raudhatul athfal dan MUI.

Taufik mengajak kepada seluruh jajarannya agar lebih berperan aktif di masyarakat. Pegawai Kankemenag Kab. Pemalang diharapkan mengajukan nama-nama calon penerima zakat kepada KUA di kecamatannya masing-masing.

“Saat ini yang dibutuhkan adalah karya nyata, oleh sebab itu peran serta kerterlibatan pegawai Kankemenag Kab. Pemalang bagi masyarakat atau lembaga harus nyata”, harap Beliau mengkahiri sambutannya. (Fajar)