Peran Strategis Guru BK Membantu Siswa Mendaftar Seleksi Perguruan Tinggi Negeri

Purworejo – Di tengah kesibukan mempersiapkan diri untuk menghadapi ujian nasional tahun pelajaran 2018/2019, sebagian siswa kelas XII MAN Purworejo sudah mulai mendaftar ke perguruan tinggi melalui jalur Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN) dan Jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) Tahun 2019.

Sampai Sabtu(16/02), sudah ada 90 siswa yang mendaftarkan diri untuk mengikuti seleksi SNMPTN dan SPAN-PTKIN. Sebagian besar siswa tersebut ingin melanjutkan studi ke Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri karena beberapa pertimbangan, di antaranya adalah pendaftaran melalui jalur SPAN-PTKIN tidak dipungut biaya dan perguruan tinggi keagamaan memiliki jurusan yang relevan dengan pendidikan mereka di MAN.

Bisri Mustofa, Wakil Kepala Urusan Humas dan Keagamaan menyampaikan bahwa pendaftaran melalui jalur SPAN-PTKIN berjalan dengan lancar. Tahun ini, pendaftaran tersebut dilakukan oleh guru BK yang diberi tugas untuk menginput data ke aplikasi berbasis web SPAN-PTKIN. “Kenapa guru BK? Karena menurut pertimbangan Kepala Madrasah, guru BK dapat sekaligus memandu dan mengarahkan siswa dalam memilih jurusan yang diambil. Di sinilah peran strategis seorang guru BK,” terang Bisri.

Dalam Seleksi masuk SPAN-PTKIN supaya dapat mempertimbangkan kemampuan diri masing-masing dalam memilih fakultas yang akan di tempuh sehingga pada akhirnya nanti dapat diterima melalui jalur seleksi prestasi akademik nasional (SPAN) maupun Perguruan Tinggi Keagamaan  Islam Negeri (PTKIN) tidak salah pilih (Bsr-Sgy/bd)