Peringati Hardiknas, 864 Pelajar dan 15 Mahasiswa Terima Bantuan Baznas

Pati – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Pati telah menyerahkan bantuan berupa uang tunai kepada Mahasiswa perguruan tinggi lokal dan pelajar SMP/MTs baik negeri maupun swasta kurang mampu se-eks Kawedanan Juwana, Jakenan dan Pati pada upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), di alun-alun Simpang Lima Pati, Selasa (2/5)  

Bantuan yang diserahkan langsung oleh Bupati Pati Hariyanto, disaksikan Ketua Baznas Imam Zarkasi serta segenap pengurus Baznas dan Forkopinda Kabupaten Pati ini sebagai bentuk perhatian pemerintah Kabupaten Pati terhadap dunia pendidikan terlebih bagi masyarakat kurang mampu di wilayah Kabupaten Pati.

Hal tersebut disampaikan sekretaris Baznas Kabupaten Pati Muslihan saat kami temui di ruang kerjanya setelah mengikuti upacara Hardiknas pagi ini.

Muslihan mengatakan, sebanyak 879 bantuan Bazis Kabupaten Pati untuk mahasiswa/i dan pelajar tingkat SMP/MTs di wilayah eks-Kawedanan Juwana, Jakenan dan Pati kurang mampu telah diserahkan pada upacara peringatan Hardiknas tahun ini.

“Dari 879 orang mahasiswa/i dan pelajar SMP/MTs tersebut, bantuan diberikan kepada pelajar setingkat SLTP sebanyak 864 orang berupa uang tunai masing-masing Rp 350 ribu. Sedangkan untuk 15 orang mahasiswa/i masing-masing Rp. 1 juta, dengan total dana yang telah disalurkan sebesar Rp. 317.400.000,”ujar Muslihan.

“Bantuan bantuan tersebut rencananya akan disalurkan secara rutin di wilayah Kabupaten Pati secara merata,”imbuhnya.

“Dengan adanya bantuan Bazis para orang tua siswa yang kurang mampu dapat teratasi. Kami berharap pemberian bantuan ini benar-benar dapat dimanfaatkan masyarakat khususnya pelajar dan mahasiswa untuk menunjang pendidikan meraka,” harapnya.

Lebih jauh pihaknya juga mengharapkan peran serta masyarakat dan para pengusaha di Kabupaten Pati untuk lebih peduli lagi dalam mengeluarkan zakat, infaq dan shadaqahnya.

ZIS yang terkumpul dari masyarakat selanjutnya disalurkan kembali kepada masyarakat yang pantas menerimanya. Mereka bukan saja pelajar atau mahasiswa, yatim piatu, fakir miskin, lansia, marbot, guru honor juga menjadi perhatian Baznas,”terang Muslihan.

“ZIS merupakan dana masyarakat yang diperoleh Baznas melalui kupon yang beredar di masyarakat. Kami memiliki dua jenis kupon ZIS dengan nilai Rp 2.000 dan 5.000 rupiah,” Pungkas Muslihan yang merupakan Penyelenggara Syariah Kankemenag Kabupaten Pati. (Athi’/bd)