Peringati Maulid Nabi dan Hari Santri, Penyuluh Agama Islam Adakan Khitan Massal

Semarang – Kemeriahan peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw dan Hari Santri Nasional 2021 tercermin di Kelurahan Gabahan, Kecamatan Semarang Tengah, Kota Semarang.

Sejumlah acara diadakan dengan melibatkan masyarakat sekitar, dan sebagai puncaknya yaitu khitan massal.Acara ini diadakan pada Jumat (22/10) di masjid Baiturrahim, Kelurahan Gabahan, Semarang Tengah.

Acara dimulai dengan salat Jumat di masjid Baiturrahim. Dilanjutkan dengan beberapa acara, yaitu grebeg maulud, pembacaan maulid di lanjut gunungan makanan yang diperebutkan oleh jamaah.

Selanjutnya, sebanyak 20 anak berbaris rapi untuk diarak menuju masjid dan dilaksanakan sunat massal. Acara ini berlangsung hingga sekitar pukul 15.00 WIB.

Acara ini diadakan oleh KUA kecamatan Semarang Tengah dan para Penyuluh Agama Islam.Ketua panitia, Rifa’i mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memperingati maulid Nabi Muhammad dan Hari Santri Nasional 2021.

“Untuk memperingati kelahiran Nabi Muhammad Saw dan hari santri, kami mengajak anak-anak sekitar untuk mengikuti khitan massal,” kata Rifa’i di sela kegiatan.

Sementara Kepala KUA Kecamatan Semarang Tengah, Budi kuswantoro mengapresiasi kegiatan penyuluh ini. “Kegiatan ini sangat positif sebagai bentuk syiar Islam dan kepedulian terhadap masyarakat sekitar,” ucap Budi.

Ketua PAIF Kota Semarang, Rahmat Hidayat berharap, kegiatan ini dapat memperat kerjasama dengan berbagai pihak terutama takmir masjid, majlis taklim dan ormas keagamaan dalam mendukung kegiatan kepenyuluhan.

Khitan massal ini dilaksanakan dengan serangkaian kegiatan, yaitu sholat Jumat, grebeg maulud, pembacaan maulid di lanjut gunungan makanan yang diperebutkan oleh jamaah. (dinta/iq/bd)