Peringati Maulid Nabi, MI An-Nashriyah Gelar Khitan Massal

Rembang – Memperingati Maulid Nabi Muhammad Saw, MI AN-Nahsriyah menggelar khitan massal pada Selasa (19/20/2021). Acara yang diikuti oleh 36 anak ini digelar dengan menjalankan protokol kesehatan yang ketat. Acara ini diadakan atas kerja sama Jam’iyyah Thoyyibah Desa Ngemplak dengan keluarga Madrasah An Nashriyah.

Kepala MI An-Nasriyah, Zainal Muttaqin mengatakan, khitan massal ini diadakan setelah tahun 2020 tidak menggelarnya karena pandemi. “Semula kami ragu untuk melaksanakan  kegiatan ini. Namun karena permintaan masyarakat, akhirnya kami adakan dengan prokes ketat,” kata Zainal.

“Awalnya kami akan adakan pada Jumat 1 Rabiul Awal. Pelaksanaan 12 Rabiul Awal . Jadi panitia bekerja cuma 12 hari. Kuota anak 20 anak, tapi animo masyarakat yang tinggi akhirnya ditambah dan mencapai 36 anak,” jelas Zainal

Zainal mengatakan, khitanan ini digelar atas permintaan masyarakat. “Sejak Shafar banyak siswa MI An-Nashriyah dan masyarakat sekitar yang mendaftar khitanan ke madrasah dan ke Jam’iyyah Thoyyibah desa Ngemplak. Padahal kami belum membuat kepanitiaan dan belum mengumumkan juga,” ujarnya.

Animo masyarakat tersebut, kata Zainal, karena tradisi khitan massal yang diadakan oleh MI yang terletak di Kecamatan Lasem ini sudah berlangsung sejak tahun 1960an. “Jadi masyarakat selalu menunggu, sudah tahu jadwalnya,” sambungnya.

Zainal mengatakan, dengan kegiatan ini, semoga menjadi syiar Islam dan peserta mejadi anak yang sholih. “Semoga mereka cepat sehat dan jadi anak anak yang Sholih,  Aamiin,” pungkasnya. –(zain)