Persiapkan UAMBN, KKMTs Negeri 1 Pati Gelar Sosialisasi UN

Pati – Menghadapi Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN) tahun Pelajaran 2017/2018, KKMTs Negeri 1 Pati menggelar rapat Sosialisasi Ujian Nasional dan Penyusunan Naskah Soal USBN Tahun 2017/2018 se KKMTs Negeri 1 Pati, Ahad (4/3/2018).

Kegiatan yang berlangsung di ruang rapat MTsN 1 Pati tersebut menghadirkan Nara Sumber Kepala Seksi Kurikulum dan Evaluasi pada Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah Nur Abadi, dihadiri Kepal Subbag Tata Usaha mewakili Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Pati Ahmad Syaiku, Kasi Penmad Kankemenag Kabupaten Pati Imam Suhadi, dan diikuti oleh 45 orang peserta terdiri dari Kepala MTs di wilayah KKMTsN 1 Pati serta Pengawas .

Kepala Subbag TU Ahmad Syaiku, mewakili Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Pati dalam sambutannya sekaligus membuka kegiatan menyampaikan apresiasinya kepada semua Kepala Madrasah di wilayah KKMTsN 1 Pati ini. Kita sebagai warga Kemenag wajib melaksanakan 5 budaya kerja Kemenag. Ia menilai pelaksanan UAMBN dari tahun ke tahun selalu berjalan lancar dan sukses . Ia berharap pelaksanaan UAMBN dan USBN maupun UNBK bagi MA dan MTs di tahun ini agar dapat lebih ditingkatkan menjadi lebih baik lagi, pintanya.

Disamping harapannya tersebut Syaiku juga mengingatkan bahwa Ujian Akhir Madrasah adalah hajat besar yang endingnya adalah sukses penyelenggaraannya dan sukses hasilnya karena itu harus ada kerja keras dan persiapan yang matang, tegasnya.

Madrasah memiliki modal yang tidak dimiliki oleh sekolah, yaitu nilai- nilai karakter islami untuk itu Ia berharap madrasah harus bisa bersaing dan bersanding dengan sekolah, baik hasil UN dan UASBN nya, pungkasnya.

Di tempat yang sama Kepala MTs.N 1 Pati Ali Musyafak mengatakan, Dalam UAMBN akan diuji lima Mata Pelajaran Agama ( Al Qur’an Hadits, Aqidah Ahklak, Fiqih, Bahasa Arab dan Sejarah Kebudayaan Islam. Sejauh ini pihak Madrasah sudah melakukan berbagai persiapan antara lain pendataan Siswa secara Administrasi, melakukan Les tambahan, Latihan Beda Soal dan Try Out, jelasnya.

Ketua KKMTs N 1 yang baru ini mengajak anggota KKM di wilayahnya untuk bersama sama membenahi diri agar madrasah tidak kalah dengan sekolah dan madrasah harus hebat dan bermartabat, tegas Syafak.

Syafak juga berharap agar tingkat kelulusan Siswa pada tahun ini jauh lebih baik dari tahun tahun sebelumnya, tutupnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Kurikulum dan Evaluasi pada Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah Nur Abadi selaku nara sumber menjelaskan, Waktu pelaksanaan Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional ( UAMBN ) dan Ujian Sekolah Berstandar Nasional ( USBN ) untuk semua jenjang baik tingkat MA, MTs maupun MI semakin dekat, karena itu kepada semua Madrasah agar mempersiapkan siswa siswinya seoptimal mungkin.

Kegiatan ini memberikan pengetahuan lebih kepada seluruh Kepala Madrasah Tsanawiyah di lingkup KKMTsN 1 Pati, untuk mengakomodir pelaksanaan ujian di sekolahnya masing-masing, kata Nur Abadi.

“Dengan terselenggaranya sosialisasi persiapan pelaksanaan UN ini, diharapakan pihak sekolah serta siswa ada kesiapan dalam menghadapi ujian tahun ini, karena model ujiannya sangat berbeda dengan tahun sebelumnya,” harap Nur Abadi. (Athi’/bd)