Pisah Sambut Kepala MAN 2 Kudus

Kudus – Awal tahun 2018, Kanwil Kementerian Agama Jawa Tengah mengadakan rotasi kepala madrasah. Rotasi ini dilakukan untuk meningkatkan kompetensi, mengembangkan motivasi, meningkatkan pengetahuan dan pengalaman kerja, mutu proses pekerjaan dan produktivitas serta efisiensi organisasi. Tepat pada hari Kamis, 18 Januari 2018, MAN 2 Kudus mengadakan pisah sambut kepala madrasah periode 2006-2017 dan kepala baru Madrasah Aliyah Negeri 2 Kudus. Untuk kepala baru MAN 2 Kudus berasal dari kepala MAN Lasem, yakni Drs. H. Shofi, M.Ag. dan untuk Drs. H. AH. RIF AN, M.Ag selaku kepala MAN 2 Kudus menduduki jabatan baru di MAN Bawu, Jepara.

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh pendidik dan tenaga kependidikan MAN 2 Kudus serta MAN Lasem. Dalam pisah sambut ini, serangkaian acaranya meliputi pembukaan yang dilanjutkan dengan menyanyikan lagu indonesia Raya dan pembacaan kalam ilahi. Sebelum sambutan dari kepala madrasah lama, ditayangkan video selayang pandang kepemimpinan beliau selama 11 tahun 2 bulan 3 hari.

Dalam video tersebut, ditampilkan biografi beliau, mulai dari riwayat pendidikan dan keluarga. Perjuangan yang dimulai dari titik nol hingga berhasil menjadi kepala di beberapa madrasah, hingga pada akhirnya menjadi kepala Madrasah Aliyah Negeri 2 Kudus. Selama masa kepemimpinan kepala MAN 2 Kudus yang kelima ini berhasil membuat madrasah meraih banyak piagam, piala, dan penghargaan di tingkat nasional maupun internasional.

Acara dilanjutkan dengan sambutan dari kepala madrasah lama yang disambung dengan sambutan dari kepala madrasah baru, yakni Drs. H. Shofi, M.Ag. Selanjutnya penandatanganan berita acara dan serah terima memori madrasah, kesan dan pesan dari MAN 2 Kudus, sambutan komite MAN 2 Kudus, pengarahan kepala Kankemenag Kudus, Drs. H. Noor Badi, MM. dalam arahannya beliau menyampaikan beberapa pesan untuk para hadirin serta para pemangku kebijakan di masing-masing madrasah adalah menjaga stabilitas kinerja, “jangan terlena dengan pujian, tetapi jangan hina dengan celaan” penggalan kata tersebut menjadi pembuka kalimat sambutan beliau, dan diakhiri dengan pengucapan rasa terima kasih terhadap kepala madrasah lama serta mengucapkan ucapan selamat datang kepada kepala madrasah yang baru di MAN 2 Kudus.

Diakhiri dengan pembacaan doa oleh H. M. Agus Nafi, S.Ag., M.Pd.I. dilanjutkan dengan ucapan selamat dengan musyafahah antar para hadirin pisah sambut di MAN 2 Kudus serta ditutup dengan ramah tamah dan hiburan.

Selamat bertugas Drs. H. AH. RIF AN, M.Ag. Selamat mengemban amanah di tempat  kerja baru. Terima kasih bapak atas jasanya selama ini!. Selamat datang Drs. H. Shofi, M.Ag. di MAN 2 Kudus. Semoga dapat menjadi pemimpin yang bertanggung jawab, dapat tetap menjaga nama baik MAN 2 Kudus di tingkat nasional maupun internasional, serta menjadikan madrasah menjadi lebih baik kedepannya.(JFC MANDAKU ‘18/bd)