PPDB MAN 1 Surakarta Dibuka, Pendaftaran Berbasis CBT

Surakarta – Madrasah Aliah Negeri (MAN) 1 Surakarta mulai membuka pendaftaran siswa baru program reguler tahun pelajaran 2017/2018.

Menurut Kepala MAN 1 Surakarta, Hariyadi Purwanto, tahun ini pendaftaran siswa baru sudah menggunakan CBT (Computer Base Test) untuk pengisian data calon siswa.

“Kami berkomitmen untuk lebih meningkatkan kualitas, baik proses pendaftaran maupun calon siswa,” katanya di sela-sela proses pendaftaran, Kamis ( 8/6 ).

Menurut Hariyadi, kualitas pendaftaran diwujudkan dengan menggunakan CBT dalam hal pengisian data siswa. Hal ini dilakukan agar data calon siswa bisa disimpan dengan baik, sehingga panitia tidak akan kesulitan mencarinya bila sewaktu-waktu data itu dibutuhkan.

Selanjutnya, untuk meningkatkan kualitas calon siswa yang akan masuk dilakukan dengan cara memperketat proses pendaftaran, salah satunya jika calon siswa tidak dapat melengkapi syarat-syarat maka belum bisa dilayani, untuk itu diharapkan agar melengkapi persyaratan dulu. Masalah klasik yang sering muncul adalah NISN, karena banyak ditemukan calon siswa yang tidak mengetahui NISNnya.

Sementara itu, menurut Ketua Panitia Penerimaan Siswa Baru (PPDB), Sri Mulyono, calon siswa wajib mengikuti prosedur pendaftaran yang telah ditentukan.

“Mereka wajib melengkapi persyaratan yang diminta, seperti surat keterangan lulus ujian nasional, foto kopy akta kelahiran dan kartu keluarga, dan lainnya. Selanjutnya mereka mengisi data di laboratorium CBT. Langkah terakhir adalah melakukan tes wawancara,” kata Sri Mulyono.

Pada kesempatan terpisah Kasi Pendidikan Madrasah Kementerian Agama Kota Surakarta, Nanik Suryanti, berharap agar calon siswa yang nantinya diterima adalah siswa yang berkualitas, mengingat MAN 1 Surakarta adalah salah satu madrasah yang banyak menelorkan prestasi.

“Diharapkan prestasi tersebut bisa terus dipertahankan. Salah satu caranya adalah menerima calon siswa yang unggul,” kata Nanik Suryanti di ruang kerjanya.

Adapun pendaftaran dibuka mulai 8 – 15 Juni 2017. Sedangkan, pengumuman dilakukan mulai 12 dan 15 Juni 2017. Pendaftaran dibuka untuk calon siswa ┬ábaik program reguler maupun program fullday. (ma1-rma/Wul)