PPDB MTsN Surakarta 1 Tembus 674 Pendaftar

Surakarta – MTsN Surakarta 1 membuka Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) tahap 1 untuk Program Khusus, Fullday, dan Tahfidzul Quran. Pendaftaran ini dimulai  tanggal 18-21 Februari 2019 dari pukul 08.00 sampai dengan pukul 13.00. Animo masyarakat terhadap PPDB PK, FD, dan TQ  sangat luar biasa. Hal ini dibuktikan dengan jumlah pendaftar pada hari pertama yang mencapai 485 pendaftar. Hingga hari terakhir tercatat ada sejumlah 674 pendaftar.

“MTsN Surakarta 1 adalah madrasah di Solo yang berkualitas dan sangat bagus. Capaian prestasinya luar biasa. Anak saya ingin sekali bersekolah di sini. Semoga saja ia bisa mengerjakan tesnya,” harap Ahmad, calon wali murid. “Prestasi MTsN Surakarta 1 tidak perlu diragukan lagi. Saya rajin membaca prestasi dan kegiatan MTsN Surakarta 1 lewat webnya dan memang luar biasa. Semoga anak saya bisa diterima di madrasah ini,“ tutur Pipit, calon wali murid dari Mojosongo.

Tes seleksi untuk calon peserta didik baru dilaksanakan Minggu, (24/2). Tes seleksi terdiri dari 3 tahap. Tahap pertama, psikotes bagi calon siswa yang belum memiliki hasil psikotes tahun 2019. Tahap ini dimulai pukul 07.30 sampai dengan pukul 09.30. Tahap kedua, tes akademik yang terdiri dari 3 mapel UN untuk SD yaitu Bahasa Indonesia, Matematika dan IPA. Tahap ini dimulai pukul 10.00 sampai dengan pukul 12.00. Tahap terakhir yaitu tes Baca Tulis Alquran (BTA) dimulai pukul 12.30 sampai dengan 14.30.

 Ada sedikit perbedaan antara tes program PK dan FD dengan program Tahfidzul Quran (TQ). Untuk program TQ masih ditambah tahap keempat yaitu tes hafalan. Maqro’ (bacaan yang yang harus dihafal) disampaikan melalui pesan whatsapp (WA) kepada peserta PPDB TQ sehari sebelum diujikan atau pada hari Ahad. Maqro' diujikan pada  hari Senin, 25 Februari, dari pukul 10.00 sampai dengan pukul 14.00.

Rosyid, salah seoarang calon siswa dari program TQ mengatakan bahwa ia ingin belajar mandiri jika diterima, karena siswa TQ wajib tinggal di asrama. “ Kalau diterima, mau tidak mau saya harus belajar mandiri karena harus tinggal di asrama. Meski begitu, saya berusaha keras untuk diterima walau saingannya berat,“ tuturnya.

“Alhamdulillah rangkaian kegiatan PPDB tahap 1 ini berjalan lancar dan sukses. Semoga dengan seleksi ini, MTsN Surakarta 1 memperoleh input murid yang hebat dan berkualitas. Dan semoga murid-murid hebat ini nanti dapat membuat madrasah kita ini lebih hebat dan bermartabat,” harap Arkanuddin, Ketua Panitia PPDB.

Sejumlah 674 calon siswa MTsN Surakarta 1 mengikuti serangkaian tes yang diadakan dengan tertib. Ada 210 kursi yang diperebutkan untuk ditempati. Sejumlah 96 anak akan diterima di PK, 90 anak di FD, dan minimal 24 anak di TQ. Penentuan peserta yang diterima sesuai dengan passing grade yang telah ditetapkan oleh MTsN Surakarta 1.

Hasil seleksi PPDB untuk PK, FD, dan TQ ini akan diumumkan pada tanggal 2 Maret 2019 pukul 10.00 di MTsN Surakarta 1. Orang tua diharapkan mengambil pengumuman hasil tes yang menunjukkan bahwa putra putrinya lolos seleksi atau tidak. Jika tidak lolos seleksi, seluruh berkas yang pernah dikumpulkan akan dikembalikan oleh panitia. (diana-rma/bd)