Pramuka sebagai Pelopor Generasi Muda

Pati – Kegiatan Jambore Kemah Penggalang (JKP) Kelompok Kerja Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Pati secara resmi ditutup oleh Ketua KKMTsN 3 Pati Teguh Santosa. Kegiatan yang melibatkan sekitar 800 anggota pramuka penggalang dan 80 orang pendamping dari 40 madrasah tsanawiyah yang tersebar diwilayah KKMTsN 3 Pati tersebut dihelat di Mako Brimob Pati (21-23/3).

Dihadapan ratusan anggota pramuka, Ketua KKMTsN 3 Pati Teguh Santosa, mengatakan gerakan pramuka merupakan wadah pendidikan karakter, untuk membentuk generasi muda agar menjadi sosok yang terampil, tangguh, dan berkarakter dalam mengisi pembangunan di Indonesia khususnya di Kabupaten Pati.

Teguh juga menyampaikan apresiasi terhadap para panitia yang terdiri dari Para Andalan dan Dewan Kerja Cabang KKMTsN 3 Pati yang telah berupaya secara maksimal dalam pelaksanaannya.

“Selaku Ketua KKMTsN 3 Pati, saya sangat bangga akan terlaksananya kegiatan ini, Kedepan kita berharap kegiatan-kegiatan seperti ini dapat terus kita laksanakan dan kita tingkatkan” pungkasnya.

Kegiatan Gerakan pramuka kata Teguh, menjadi pilihan tepat untuk mengurangi rusaknya generasi muda saat ini seperti penyalahgunaan obat obatan, pergaulan bebas serta tawuran, untuk itu kegiatan pramuka diharapkan menjadi pelopor generasi muda dalam memerangi dampak negatif. Bahkan sejak tahun 2014 Pemerintah menjadikan pendidikan kepramukaan masuk dalam kurikulum wajib ekskul di sekolah-sekolah.

 “Itu yang kita lakukan dengan melakukan gerakan revitalisasi Pramuka sebagai lembaga pendidikan dan kita harapkan tujuan Gerakan Pramuka tercapai, yaitu terbentuknya karakter bangsa, meningkatkan rasa cinta tanah air, dan meningkatkan kerampilan”,tegas Teguh.

Penutupan JKP KKMTsN 3 Pati 2017 ditandai pelepasan tanda peserta dan aparat perkemahan oleh Teguh Santosa selaku Ketua KKMTsN 3 Pati.

Kegiatan yang mengambil tema “INDAH DALAM KEBERSAMAAN DAMAI DALAM PERSATUAN” diisi dengan kegiatan penyerahan bantuan buku tulis kepada siswa Madrasah terdekat, lomba Karnaval, Lomba 5K, Lomba Pentas Seni, Pionering serta kegiatan-kegiatan kesenian lainnya.

Pada kesempatan itu juga Ketua KKMTsN 3 Pati menyerahkan piala kepada para peserta pemenang lomba yang dilaksanakan oleh panitia selama kegiatan tersebut berlangsung. (Athi’/bd)