Profesional Petugas terhadap Jemaah Haji

Boyolali (PHU) – Penyelenggaraan ibadah haji di Indonesia diselenggarakan oleh pemerintah dan swasta. Pemerintah dikoordinasikan oleh Kementerian Agama dan dinas terkait. Sedangkan penyelenggaraan ibadah haji yang diselenggarakan lembaga atau masyarakat dibentuk oleh DIrjen PHU. Diantaranya yang berasal dari masyarakat yaitu KBIH, PPIU dan PIHK. Demikian disampaikan Direktur Pembinaan Haji pada Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama, Khoirizi, Selasa (01/04).

“Masyarakat yang menyelenggarakan perjalanan ibadah umroh dan haji khusus tanpa izin dari pemerintah akan dikenakan sanksi,” kata Khoirizi dihadapan 475 peserta pelatihan terintegrasi petugas yang mendampingi jemaah haji tahun 1439 H/2018 M.

Dikatakan, ibadah haji merupakan bagian dari rukun Islam, dan sebagai amanat dari Undang-Undang Nomor 13 tahun 2018 tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji, bahwa pemerintah harus dapat mengkoordinasikan dalam hal penyelenggaraan ibadah haji. Sedangkan ibadah umroh adalah ibadah sunah, dan peran dari pemerintah belum diwajibkan dalam mengkoordinasikan terkait pelaksanaan perjalanan ibadah umrah.

Pria kelahiran Lubuk Linggau ini menjelaskan bahwa syarat petugas haji harus dapat bersikap professional dalam memberikan pembinaan, pelayanan dan perlindungan kepada jemaah haji, dikarenakan tujuan penyelenggaraan ibadah haji menyangkut ketiga aspek tersebut. 

Manajerial dari petugas haji baik itu TPHI, TPIHI dan TKHI semuanya harus dapat mewujudkan aspek pembinaan, pelayanan dan perlindungan sebaik-baiknya terhadap jemaah haji demi kesuksesan penyelenggaraan ibadah haji.

“Hilangkan niat bapak ibu sekalian, apabila hanya ingin berhaji, manfaatkan peluang ini sebaik-baiknya dalam melayani jemaah haji,” tegasnya.

Khoirizi menyampaikan, dalam satu kloter harus ada sinergi antar petugas haji untuk saling mengisi. Beliau juga menekankan agar petugas haji dapat berkomitmen dan menanamkan dalam hati untuk siap melayani jemaah haji demi kesuksesan penyelenggaraan ibadah haji tahun ini. 

Diakhir acara ditutup dengan doa yang dipimpin langsung oleh beliau yang diikuti dengan khusyuk oleh seluruh peserta yang hadir di Aula. (djs/gt).