PTM Terbatas Tak Kurangi Minat Kunjung Siswa Ke Perpustakaan

MTs Negeri 2 Rembang – Perpustakaan madrasah  merupakan salah satu sumber belajar dalam mendukung pencapaian hasil belajar siswa yang berkualitas bagi siswa MTs Negeri 2 Rembang. Sebagai sumber belajar keberadaan perpustakaan madrasah  sangat dibutuhkan para pendidik dan tenaga kependidikan, serta peserta didik untuk memperluas dan memperdalam pengetahuannya. Selama melaksanakan PTM Terbatas, Perpustakaan MTs Negeri 2 Rembang masih tetap eksis memberikan pelayanan kepada siswa dan guru.  Hal ini dapat terlihat dari frekuensi kunjungan siswa di perpustakaan.

Muhammad Yunus Anis, selaku Kepala Madrasah menegaskan,  tujuan keberadaan perpustakaan madrasah  yang utama adalah untuk menunjang proses belajar mengajar di madrasah. Di samping itu juga untuk menumbuh kembangkan minat, kemampuan, dan kebiasaan membaca, memanfaatkan bacaan sebagai sumber informasi, memupuk daya kritik serta menyumbangkan kegemaran pribadi melalui bacaan.

“Perpustakaan madrasah merupakan sarana untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Karenanya, perlu ditingkatkan mutu pengelolaan dan layanannya secara terus menerus, baik kepada siswa maupun guru,” kata Yunus Anis.  Menurutnya apapun jenis dan judul buku yang dibaca dan dipahami dengan baik merupakan modal ilmu yang cukup berharga dalam meningkatkan kualitas pribadi.

Kepala Perpustakaan MTs Negeri 2 Rembang, H. Sahuri, saat ditemui di ruang perpustakaan mengatakan, perpustakaan MTs Negeri 2 Rembang masih cukup ramai dikunjungi siswa pada jam-jam istirahat. Namun pihaknya masih membatasi jumlah siswa yang berkunjung dan mewajibkan siswa untuk tetap menerapkan protokol kesehatan selama berada di dalam perpustakaan. 

Sahuri menuturkan, perpustakaan MTs Negeri 2 Rembang saat ini masih dilengkapi berbagai jenis buku pelajaran dan  buku referensi. Seperti buku-buku agama, kesehatan, majalah, dongeng, cerita rakyat dan sebagainya. “Kelengkapan buku menjadi salah satu faktor untuk menarik minat baca siswa,” Imbuh Sahuri. 

Berkaitan dengan hal tersebut, perlu adaa perhatian khusus dari seluruh Stakeholder   Pendidikan, terutama para penyusun/pengambil kebijakan. Dalam hal ini Kepala madrasah  dapat mengembangkan perpustakaan madrasah. Oleh karena itu, segenap keluarga besar MTs Negeri 2 Rembang, melalui para pengelola perpustakaan madrasah berusaha untuk mengelola dan mengembangkan perpustakaan MTs Negeri 2 Rembang  secara maksimal, sesuai dengan visi dan misinya. (Wient).