PTSP Kemenag Karanganyar Mendapat Apresiasi Positif dari Masyarakat

Karanganyar – Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Kantor Kementerian Karanganyar sejak di launching pada bulan Agustus Tahun 2018 hingga saat ini selalu bertekad dan berupaya untuk memberikan excellent service kepada masyarakat. SOP pelayanan di PTSP di laksanakan dengan baik. Hal ini disampaikan oleh Kasubag TU Kemenag Karanganyar, Wiharso, bahwa Kemenag Karanganyar berkomitmen dengan adanya PTSP bisa memberikan pelayanan terbaik, transparan dan akuntabel kepada masyarakat.

“Kami Kemenag Karanganyar selalu bertekad memberikan excellent service kepada masyarakat. Walaupun saat ini belum maksimal seluruhnya namun kami tidak berhenti sampai disini, perbaikan system dan SDM selalu kami tekankan,” tutur Wiharso.

PTSP Kemenag Karanganyar terdapat dua orang petugas front office yang berjaga tiap harinya. Mereka melayani masyarakat sesuai dengan SOP yang telah di standarkan. Beberapa layanan yang sering diakses oleh masyarakat adalah Rekomendasi Paspor Haji & Umroh, Layanan Pendidikan Madrasah, Pindah agama, Layanan Rekom Santri ke Luar negeri, Pengesahan administrasi tentang kepegawaian dan masih banyak lagi.

Dari hasil rekapitulasi survei kepuasan pelanggan yang disediakan dari awal Januari 2019 sampai Februari 2019 masyarakat memberikan apresiasi dengan menekan tombol “sangat puas” sebanyak 54?ri 344 pengunjung, dan yang memberikan apresiasi “puas“ sebanyak 44% sisanya ada 2% masyarakat yang merasa “kurang puas” dengan layanan di Kemenag Karanganyar. Survei layanan akan direkap tiap 2 bulan sekali.

Testimoni masyarakat setelah pemberlakuan PTSP membuat pelayanan semakin cepat dan memangkas birokrasi. Gufron, salah satu staff JFU dari MIN 3 Karanganyar menyampaikan setelah ada PTSP ini membuat pelayanan jadi cepat dan transparan.

“Dengan diberlakukannya PTSP ini membuat pelayanan semakin transparan dan cepat, dulu kalo minta rekom harus berkali – kali datang ke kantor menanyakan apakah rekom sudah jadi apa belum, kadang ybs juga tidak ditempat jadi harus kembali pulang dengan tangan kosong. Sekarang di bukti tanda terima pada layanan PTSP sudah dicantumkan tempo pengambilannya, jadi tidak usah bolak-balik. Dan jika pada tempo yang ditentukan belum bisa jadi rekomnya, akan diberitahukan dari WA center PTPS Kemenag Karanganyar,” ucap Gufron.

Semoga kedepan Kantor Kementerian Agama Karanganyar semakin baik dalam pelayanan pada masyarakat. (Ida-hd/sua).