Ratusan Santri Madrasah Diniyah Meriahkan Porsadin IV

Purbalingga – Pekan Olah Raga dan Seni Antar Diniyah (PORSADIN) IV Tahun 2019 tingkat Kecamatan Kaligondang digelar di Madrasah Diniyah Sofaul Islam Desa Selakambang dan diikuti 350 santri dari 14 Madrasah Diniyah Takmiliyah yang ada. Hal tersebut disampaikan Ketua Panitia PORSADIN, Prayitno usai sukses menggelar kegiatan tersebut, Ahad (10/3/2019).

Prayitno menjelaskan, selain menggali dan mengembangkan potensi santri Madin melalui pengembangan bakat dan minat, kegiatan tersebut juga dimaksudkan untuk mewujudkan santri yang memiliki tubuh sehat. “Diharapkan ini dapat mewujudkan santri yang memiliki tubuh sehat . Sehingga insyaallah akan memiliki akal yang sehat dan cerdas –  al aqlu salim fii jismi salim,” ujarnya.

Ia menambahkan, ada 12 cabang lomba yang digelar. Yakni  Tahfiz Juz ‘Amma, Musabaqah Qira’atil Kitab (MQK) Safinatun Najah, Cerdas Cermat Diniyah (CCD), Pidato Bahasa Indonesia, Pidato Bahasa Arab, Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ), Murotal Wal Imla’, Kaligrafi, Puisi Islami, Lari Sprint, Bulu Tangkis dan Tenis Meja.

“Juara Umum diraih Madin Al Futuhiyah desa Sidareja. Juara 1 untuk masing-masing cabang lomba akan diseleksi kembali pada Porsadin tingkat Kabupaten Purbalingga sekitar akhir bulan Maret atau awal April,” pungkasnya.

Ketua Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah (FKDT) Kabupaten Purbalingga, Maful Hidayat saat membuka secara resmi kegiatan tersebut mengajak seluruh santri untuk berlomba dengan maksimal agar menjadi yang terbaik. (sri-sar/bd)