Rekruitmen Petugas Haji Dilakukan Secara Profesional

Temanggung –  Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung mengadakan seleksi calon petugas haji yang mendampingi jamaah haji untuk tahun 1440 H / 2019 M yang digelar serentak Senin, (25/02) di Kabupaten/Kota.

Kuota petugas Haji dari Kabupaten Temanggung sebanyak 4 TPHI dan 3 TPIHI, dalam seleksi yang dilaksanakan di Aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung, peserta yang mengikuti seleksi ada 16 orang,  11 TPHI dan 5 TPIHI.

“Dari sejumlah peserta akan diambil 8 calon TPHI dan 6 TPIHI untuk mengikuti seleksi Tingkat Provinsi Jawa Tengah pada tanggal 5 Maret 2019,” ungkap Kepala Kantor Kementerian Agama kabupaten Temanggung,Saefudin dalam sambutan pembukaan seleksi petugas haji.

Menurutnya, rekruitmen petugas haji akan dilakukan secara professional dan terbuka. “Kami berupaya menjaring petugas haji yang bermental melayani sepenuh hati untuk mengantar jemaah haji melaksanakan ibadahnya dengan sempurna. Sebab, tantangan kerja petugas haji tahun ini lebih berat dari tahun-tahun sebelumnya,” imbuhnya.

“Untuk itu kami benar-benar membutuhkan petugas yang tidak hanya cekatan dalam bekerja, cerdas dalam menyelesaikan masalah, juga harus memiliki kekuatan fisik yang prima,” tandasnya.

Peserta seleksi yang akan maju tahap selanjutnya merupakan hasil seleksi yang diselenggarakan Kankemenag Kabupaten Temanggung sebanyak dua kali lipat dari jumlah kuota yang tersedia.

“Panitia seleksi akan memilih peserta terbaik sejumlah dua kali lipat dari kuota yang ditetapkan untuk mengikuti seleksi tingkat provinsi. Hasil seleksi akan diumumkan pada 28 Februari 2019 di Kantor Kementerian Agama setempat,” ujarnya.

Peserta yang lolos seleksi di tingkat Kabupaten/Kota akan berlanjut ke tingkat provinsi. Seleksi tingkat provinsi bertempat di Kanwil Kementerian Agama Provinsi pada 5 Maret 2019. Seleksi terdiri dari wawancara dan tes berbasis CAT. “Hasil seleksi tingkat provinsi akan diumumkan pada 8 Maret di Kanwil Kementerian Agama provinsi,” jelas Saefudin.

Selanjutnya Kepala Kantor Kementerian Agama menghimbau agar peserta percaya diri, tidak usah bertanya kepada peserta lain, karena percaya diri merupakan modal dalam menjalankan tugas sebagai petugas yang mendampingi jamaah, pungkasnya.

Peserta calon Petugas Haji yang mengikuti test tahap pertama adalah : Drs. H. Yusuf Purwanto, M.Ag Ka Subbag TU, H. Thowaf M.Ag Kasi PHU, H. Ashari, S.Ag Kepala KUA Kledung, H. Nasekhun, S.Pd.I, Kepala MTs Wadas, H. Matori, S.Pd.I Penyuluh Agama Fungsional, H. Drs. Mabrur Guru MTsN 1 Temanggung, Humam Afandi Guru MIN 1 Temanggung, Suswanto Guru MIN 1 Temanggung, Akrom Hasani Staf PD Pontren, Gunawan Prasetyo Guru MTsN 1 Temanggung,  Mat Safi’i Ka KUA Kandangan, Sukron Wahid Penghulu KUA Kecamatan Parakan, M. Ihsan Staf KUA Kecamatan Tlogomulyo, Ahmad Jalil  Ka MI Darul Aman Pringsurat, Ali Masyhar, S.Ag Kepala MAN Temanggung, Supriyono Kepala MTs Mida Bulu.(sr/Wul)