Rembang Targetkan Raih Juara Di MQK Nasional

Rembang – Sejumlah santri Pondok Pesantren di Rembang tengah dipersiapkan mengikuti Perhelatan Musabaqoh Qiroatil Kutub (MQK) tingkat nasional tahun 2017 yang akan berlangsung  pada 29 November – 7 Desember mendatang di Balai Kambangan, Kabupaten Jepara.

Persiapan tersebut antara  lain dengan mengadakan pembinaan kepada calon peserta. Pembinaan ini diselenggarakan oleh Seksi PD Pontren Kementerian Agama Kabupaten Rembang mulai September lalu.

Kepala Seksi PD Pontren Kankemenag Kabupaten Rembang, Musthofa mengatakan, pihaknya bekerjasama dengan Forum Komunikasi Pondok Pensatren (FKPP) Kabupaten Rembang telah menyelenggarakan pembinaan kepada calon peserta selama dua kali. Rencananya, pembinaan akan dilakukan hingga empat kali di tingkat Kabupaten dan dua kali di tingkat Provinsi.

“Di tingkat Kabupaten, kita akan adakan pembinaan dua kali lagi, menjelang pemberangkatan peserta,” katanya ketika diwawancara pagi tadi (7/11).

Musthofa mengatakan, upaya tersebut dilakukan untuk meraih target Provinsi Jawa Tengah menjadi juara umum I sebagaimana yang diungkapkan oleh Kakanwil Kemenag Jawa Tengah. Rembang diharapkan bisa berpartisipasi menyumbang Juara untuk kontingen Jawa Tengah.

“Oleh karena itu, kami mengupayakan yang terbaik dengan mendatangkan pelatih yang sudah profesional. Setiap peserta didampingi secara intensif oleh pelatih,” sambung Musthofa.

Adapun jumlah peserta yang akan mewakili Rembang sebagai peserta kontingen Jawa tengah yaitu delapan santri. Mereka berasal dari Pondok Pesantren MUS Sarang, Al-Anwar Sarang, MIS Sarang, dan Bustanul Falah, Sedan.

Adapun cabang lomba yang akan diikuti yaitu Akhlaq untuk tingkat Ulya (pa), tafsir untuk tingkat ulya (pa dan pi), tauhid untuk tingkat ulya (pa), tauhid untuk tingkat wustho (pa), Hadist untuk tingkat Ulya (pi), dan ushul Fiqh untuk tingkat Wustho (pi). — ss