Revolusi Industri 4.0 Tantangan Teknologi Cukup Besar

Surakarta – Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Surakarta kembali menggelar event tahunan yakni Crescenta (Competition and Creation of Science Technology in Application). Crescenta adalah kompetisi bidang sains tingkat SMP/MTs yang tahun ini mulai mengangkat lomba robotik.

Sebanyak 373 peserta dari berbagai SMP/MTs se-Soloraya dan sekitarnya menghadiri pembukaan Crescenta pada Sabtu (23/2) di MAN 1 Surakarta, Jl. sumpah pemuda No 25 Kadipiro, Banjarsari mulai pukul 09.00 WIB. Acara dilanjutkan dengan lomba-lomba sains hingga sore.

Menurut ketua pelaksana Crescenta Amadeo Ahnaf, tema yang diangkat kali ini adalah Science is art to enjoy the universe.

“Sains sangat berkaitan dengan semesta. Sains bukan hanya pelajaran, namun juga bahasa kita mengenal dunia,” kata Amadeo. Jadi, lanjut Amadeo, menyenangkan jika kami mempelajari ilmu itu. Ditambahkan Amadeo, jumlah peserta tahun ini naik 50% dibanding tahun lalu yang hanya berjumlah 319 siswa. Cabang lomba yang diadakan antara lain olimpiade matematika, olimpiade IPA, cerdas cermat, teknologi tepat guna, desain grafis, mading 3D, dan lomba robotika.

Sementara Farhani selaku Kepala Kantor Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah, dalam sambutan saat membuka acara menyatakan, dengan adanya revolusi industry 4.0, tantangan berbasis teknologi cukup besar.

“Setiap lembaga pendidikan diharapkan mampu bersaing dengan kelas dunia,” kata Farhani. Oleh karena itu, lanjutnya, inovasi program edukasi harus sering dilakukan. Contohnya MAN 1 Surakarta ini yang telah mengadakan ekstrakurikuler robotika.

Sementara itu Slamet Budiyono selaku Kepala MAN 1 Surakarta mengatakan, sekolah tersebut telah bergabung dengan lembaga pendidikan robotika bernama robota sejak 2017.

“Dalam ekstrakurikuler robotika, telah duakali meraih juara kompetisi robotika tingkat nasional yaitu juara pertama tahun 2017 dan juara ketiga tahun 2018,” kata Budiyono. (rusdi-rma/bd)