Ribuan Siswa RA Bermanasik

Purworejo – 1.520 siswa dari 46 Roudlatul Athfal (RA) mengikuti pelatihan manasik haji di Alun-alun Purworejo, pada Sabtu (17/11/2018).

Ketua panitia kegiatan, Wening Mulyani, S.Pd.I. menuturkan bahwa, kegiatan tersebut bertujuan untuk mengenalkan rukun islam yang kelima kepada siswa RA dengan cara yang mudah dipahami sesuai usianya. “Kegiatan pelatihan manasik haji ini merupakan agenda tahunan IGRA, karena begitu pentingnya pengenalan rukun islam sejak dini,” terang Wening.

Bupati melalui Kepala Bagian Kesra, Drs. Bambang Sadyo Hastomo, M.H. menyampaikan apresiasi atas dilaksanakannya kegiatan yang sangat positif terhadap pengetahuan agama bagi anak-anak RA tersebut.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purworejo, Drs. H. Bambang Sucipto, M.Pd.I., hadir dan memberikan sambutannya. Orang nomor satu di Kemenag Purworejo itu menyambut baik kegiatan yang diinisiasi oleh IGRA tersebut.

“Kegiatan simulasi manasik haji memiliki banyak manfaat. Untuk membantu pemahaman dan penanaman rukun islam terutama rukun kelima. Dalam arti yang sesungguhnya mengenalkan prosesi haji, kemudian ada nilai syi’ar, dan mungkin juga akan memberi motivasi bagi orang tua siswa untuk melaksanakan ibadah haji,” kata Bambang Sucipto.

Turut hadir pula Kapolsek Purworejo, Danramil Purworejo, Kasi Pendidikan Madrasah Kankemenag Kabupaten Purworejo, Pengawas Pendidikan Agama Islam Kankemenag Kabupaten Purworejo, dan Ketua IGTK Kabupaten Purworejo.(sgy/sua)