Rizka Zakiyatul Miskiyah Kembali Sabet Medali Emas

Rembang – Rizka Zakiyatul Miskiyah, alumnus MTsN 4 Rembang kembali  berprestasi dengan menyabet  medali emas pada PIMNAS (Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional)   yang diadakan  pada 28 Agustus hingga 2 September di UNY.

Bersama teman-temannya, Rizka Zakiyatul Miskiyah berhasil menyabet medali emas untuk cabang Fisika.

Alumnus madrasah ini mengungkapkan, selama di MTsN Sumber, telah membantunya dalam pembentukaan karakter kedisiplin dan akhlakul karimah. “Saat mengenyam pendidikan di madrasah tidak hanya mendapatkan ilmu umum seperti siswa pada umumnya, tetapi juga diajarkan mengenai amalan, serta  ilmu agama,  sehingga dari sejak dini sudah mempunyai bekal atau dasar  ilmu agama,” kata Rizka.

Ia berpesan kepada adik kelas agar semakin lebih baik dengan meningkatkan kualitas diri dengan karakter yang unggul,  bertakwa dan ber akhlak sholeh.

Kiat –kiat menjadi juara menurutnya adalah dengan selalu berusaha,  kerja keras,  terus latihan,  rajin diskusi dan konsultasi,  doa dan restu kedua orang tua. Saat ini ia juga tetap atau fokus dengan melanjutkan  riset, sains dan teknologi ditambah submit jurnal

PKM ini diikuti oleh seluruh mahasiswa di Indonesia baik perguruan tinggi negeri maupun swasta. Acara yang sudah 31 kali diadakan ini diikuti secara antusias oleh 1.523 mahasiswa dari 136 perguruan tinggi.

Rizka bersama timnya masuk kategori PKM penelitian (PKM-P) eksakta dengan tema sintesis nanopartikel Zinc Oxide metode milling dan laser ablasi,  efektivitas nanopartikel Zinc Oxide untuk mengetahui aktivitas bakteri dan logam berat pada air yang tercemar.

PIMNAS (Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional)  merupakan  salah satu ajang bergengsi bagi mahasiswa di seluruh Indonesia yang diadakan oleh kemenristekdiki. Dalam PIMNAS sendiri bermula dari ajang Penerimaan hibah Program Kreativitas Mahasiswa (PKM). – dwi/iq/bd