Sambut Program Boarding School, MAN 1 Jepara Perluas Masjid

Bawu – Untuk menyambut program asrama madrasah (Boarding School) pada tahun pelajaran 2018/2019, Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Jepara memperlebar areal masjid madrasah menjadi 360 meter persegi dari luas sebelumnya 312 meter persegi. Area yang diperluas adalah sebelah kanan dan kiri masjid masing-masing selebar 4 meter.

Pelebaran ini dimulai pada tanggal 21 Januari 2018 dan direncanakan selesai pada awal mei 2018. Dengan adanya pelebaran ini, maka siswa yang selama ini biasanya sholat Dhuhur berjamaah dibagi 4 shift, akan dapat berlangsung 1 shift.

Hal ini tentu sebuah langkah baik mengingat siswa dan warga madrasah lainnya dapat lebih khusuk dalam beribadah karena tidak harus mengantri seperti sebelumnya.

"Kami memohon doa restu dari segenap warga madrasah, utamanya dari para kiai dan tokoh masyarakat desa Bawu agar pembangunan ini dapat berjalan lancar dan selesai tepat waktu sehingga dapat langsung digunakan," ujar Kepala MAN 1 Jepara Ahmad Rif'an.

Pelebaran ini juga sebagai awal dari program Boarding School yang rencananya akan dimulai pada awal tahun pelajaran 2018/2019.

"Kami sudah menyiapkan gedung berlantai dua yang dapat menampung 30 santri putra dan 30 santri putri pada penerimaan peserta didik baru 2018/2019", Lanjut Rif'an.

Adapun dana yang digunakan dalam pelebaran masjid berasal dari infaq guru-guru dan pegawai, infaq wali murid, serta alumni.

"Kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah menginfaqkan hartanya untuk perluasan masjid. Semoga Allah SWT memberikan balasan berlipat terhadap amal jariyah para donatur," kata ketua panitia pembangunan Masjid, Mardjono.

Selain perluasan masjid, rencananya juga akan dilanjutkan dengan pembangunan lantai 2 masjid dan pembangunan gedung serba guna serta asrama 2 lantai seluas 4.978 m2 yang lokasinya di sebelah barat madrasah. (rofiq/bd)