Sebanyak 210 Kepala MA dan MTs Ikuti Sosialisasi UNBK UAMBN-BK

Demak –  Siswa Madrasah Aliyah (MA) dan Madrasah Tsanawiyah  (MTS) di tahun 2019 ini selain akan menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) juga akan menghadapi Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional-Berbasis Komputer (UAMBN-BK). UAMBN-BK adalah sistem pelaksanaan Ujian Akhir bagi Madrasah yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama dengan menggunakan media komputer. Hal ini disampaikan Plt Kepala kankemenag Kabupaten Demak, Muhaimin saat membuka acara sosisliasi UNBK-UAMBNBK-USBNBK di aula Kemenag setempat, Selasa (19/02).

Menurut Muhaimin, UAMBN-BK ini mulai diterapkan pada tahun 2018 yang lalu, sebelumnya UAMBN masih menggunakan media kertas dan pensil. Namun Pelaksanaan UAMBN-BK  untuk tahun 2019 mulai dilaksanakan untuk seluruh Madrasah Aliyah (MA) dan  Madrasah Tsanawiyah  (MTs) wajib menggunakan media elektronik / komputer.

“Persiapan UNBK dan UAMBN BK untuk ditingkat Madrasah Aliyah dan Madrasah Tsanawiyah di Kabupaten Demak tahun 2019 ini  tidak mengalami masalah karena hampir seluruh madrasah telah mempersiapkan setahun yang lalu,” tuturnya.

Muhaimin berharap, Semua kepala Madrasah Aliyah (MA) dan madrasah Tsanawiyah (MTS) untuk betul-betul mempersiapkan segala perangkatnya, sehingga pada saatnya nanti pelaksanaan UNB- UAMBN-BK tidak ada kendala.

Sosialisasi UNBK  UAMBN-BK ini diikuti 77 Kepala MA , 133 Kepala MTs Negeri dan swasta  15 pengawas  MA dan MTS. Adapun narasumber  dalam  sosialisasi ini yakni Plt Kepala Kemenag Kab. Demak,  Muhaimin dan Nur Abadi dari Kanwil Kemenag Prov Jateng.

Dalam kegiatan sosialisasi tersebut  Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kemenag Kabupaten Demak, Juair  menyampaikan sosialisasi ini bertujuan  memantapkan persiapan UNBK, UAMBN-BK  ditingkat Madrasah Aliyah serta  Madrasah Tsanawiyah di Kabupaten Demak tahun pelajaran 2018/2019.

Juair menambahkan, untuk UNBK di tingkat Madrasah  bahwa secara umum persiapan di  MA dan MTs sudah dilaksanakan, termasuk simulasi UNBK sudah dilaksanakan. “Semoga pada pelaksanannya nanti bisa berjalan sesuai rencana,” imbuhnya.(ms/wul)