Sebanyak 37 Anggota Pramuka MA Gani Tirto Asri Mengikuti Pelantikan Calon Penegak Laksana

Wonogiri – Sebanyak 37 anggota pramuka penegak Madrasah Aliyah Gani Tirto Asri Cangkring, Tirtomoyo mengikuti pelantikan Calon Penegak Laksana, Sabtu (03/11) di Area Obyek Wisata museum kars Pracimantoro, secara keseluruhan kegiatan di 4 hari, 2 hari di Madrasah (1-2 Nopember) dan 2 hari di  di Area Obyek Wisata museum kars Pracimantoro (3-4).

Menutrut pembina Pramua MA Gani Tirto Asri, Badarudin sebanyak 37 Penegak Bantara dilantik sebagai Penegak Laksana oleh selaku Kamabigus. Mereka yang dilantik adalah Penegak Bantara yang telah memenuhi syarat kenaikan tingkat. Persyaratan yang harus ditempuh untuk menjadi penegak Laksana diataranya adalah menyelesaikan SKU Laksana sebanyak 22 (dua puluh dua) point dan tahapan lainnya yang harus dipenuhi yaitu pengembaraan selama 3 hari 2 malam. Pengembaraan merupakan implementasi dari Tri Satya yang langsung dipraktikan di masyarakat.

Badarudin berharap penegak laksana harus memiliki sikap keteladanan di setiap tingkah laku dan perbuatan, menanamkan dan mengamalkan pada diri sendiri dalam mengembangkan potensi yang ada di sekitar, serta memiliki predikat, dedikasi, dan loyalitas yang tinggi dalam meningkatkan SDM yang berkualitas. ujarnya

“Dalam kepramukaan penegak laksana adalah idaman setiap pramuka penegak, untuk meningkatkan prestasi dalam kegiatan lomba kepramukaan yang ada, baik di tingkat daerah maupun nasional, khusunya komitmen dan usaha untuk dapat mewakili Jawa Tengah dalam kegiatan PPMN” harap Badarudin

Kegiatan pelantikan menurut Badarudin, mengisaratkan bahwa  kegiatan pramuka sangatlah bermanfaat, juga memberi pengertian bahwa pramuka tidak hanya berkemah, bernyanyi dan bermain, namun mampu mengabdi pada masyarakat, mengingat acara di kemas dengan berbagai acara spiritual seperti doa bersama, sholat tahajud dan di tutup dengan kegiatan baksos yang bermanfaat bagi masyarakat. (mursyid/heri/rf)