ANBK MI Sullam Taufiq Kajen Berlangsung Lancar

Kab. Pekalongan – Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) gelombang 1 dan 2 yang digelar MI Sullam Taufiq dari tanggal 15-18 Nopember 2021 berlangsung lancar. Asesmen Nasional merupakan program evaluasi yang diselenggarakan oleh Kemendikbudristek untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan memotret input, proses dan output pembelajaran di seluruh satuan pendidikan.

M. Syaikhul Alim, Kepala MI Sullam Taufiq mengatakan bahwa Asesmen Nasional perlu dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan. Asesmen ini dirancang untuk menghasilkan informasi akurat untuk memperbaiki kualitas belajar-mengajar, yang pada gilirannya akan meningkatkan hasil belajar murid.

“Karena ditujukan untuk memotret dan memetakan kualitas pendidikan maka AN ini tidak semua siswa kelas 5 mengikutinya, hanya mereka yang terjaring menjadi sampel yang mengikutinya, sehingga perlu difahami AN ini tidak ada kaitannya dengan nilai atau bahkan dengan kelulusan siswa.” ujar M. Syaikhul Alim.

Sementara itu, M. Taufiq Al Khakim Proktor MI Sullam Taufiq menyatakan bahwa jadwal ANBK untuk jenjang SD/MI dibagi 2 gelombang. Gelombang I dan II dilaksanakan pada Senin-Kamis, 15 sampai dengan 18 November 2021. Sedangkan Gelombang III dan IV dilaksanakan pada Senin-Kamis, 22-25 November 2021. Untuk semua gelombang dimulainya sama yakni pada pukul 08.00-10.35 dan dimulai lagi pada 13.00-15.35. Adapun untuk MI Sullam Taufiq mengambil jadwal gelombang 1 dan 2.

Ditambahkannya bahwa ANBK SD/MI dan sederajat berlangsung selama 2 hari. Pada hari pertama, jadwal asesmen ANBK meliputi latihan (60 menit), literasi membaca (75 menit) dan survei karakter (20 menit). Lalu, jadwal asesmen hari ke-2 ANBK SD/MI dan sederajat meliputi latihan (25 menit), numerasi (75 menit) dan survei lingkungan belajar (20 menit).

Asesmen Nasional dilaksanakan dengan menggunakan 3 instrumen yaitu: 1). Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) yang mengukur literasi membaca dan literasi matematika (numerasi) murid; 2). Survei Karakter yang mengukur sikap, nilai, keyakinan, dan kebiasaan yang mencerminkan karakter murid; 3). Survei Lingkungan Belajar yang mengukur kualitas berbagai aspek input dan proses belajar-mengajar di kelas maupun di tingkat satuan pendidikan.

“Alhamdulillah pelaksanaan AN 2 gelombang selama 4 hari berlangsung lancar, tidak ada kendala berarti” pungkas M. Taufiq Al Khakim Proktor MI Sullam Taufiq. (Msa/Ant/bd).