Sejumlah kegiatan bakal meriahkan penyelenggaraan HAB

Rembang – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rembang tengah mempersiapkan penyelenggaraan Hari Amal Bhakti ke-73 Kementerian Agama yang akan diselenggarakan mulai Desember 2018 mendatang.

Sejumlah kegiatan direncanakan akan memeriahkan peringatan HAB tahun depan, di antaranya Tasyakuran, Jalan Sehat Kerukunan Umat Beragama, bakti sosial, dan Upacara bendera pada 3 Januari 2019.

Kali ini, HAB akan berkonsep agak berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Pada pelaksanaan Upacara Bendera, akan disambung dengan tasyakuran makan bersama dengan menu ala angkringan. Konsep yang berasal dari para pejabat Kankemenag Kabupaten Rembang ini mendapat sambutan yang positif dari seluruh personil yang ditunjuk menjadi panitia penyelenggara.

Kepala Kankemeanag Kabupaten Rembang, Atho’illah mengatakan, konsep angkringan akan menciptakan kesan penyelenggaran HAB yang menyentuh masyarakat hingga ke grassroot.

“Konsep angkringan ini akan membuat kebersamaan, kehangatan, dan kemeriahan even HAB. Angkringan menandakan, institusi Kemenag Rembang sebagai lemabga pemerintah yang merakyat,” kata Atho’illah.

Sementara untuk Jalan Sehat, akan dirancang dengan konsep Kerukunan Umat Beragama. Kegiatan ini akan menggandeng FKUB Kabupaten Rembang yang melibatkan masyarakat dari berbagai agama di Rembang.

Atho’illah mengatakan, jalan Sehat ini akan melibatkan seluruh keluarga besar Kementerian Agama Kabupaten Rembang, stakeholder terkait, dan masyarakat lintas agama. Sebagaimana pelaksanaan tahun lalu, kegiatan Jalan Sehat Kerukunan ini akan berlangsung dengan meriah dengan ribuan peserta. — iq/bd