Sekjen Kemenag RI Apresiasi Kemenag Jateng dalam Mewujudkan RB

Semarang (Humas) – Sekretaris Jenderal Kementerian Agama Republik Indonesia Prof. Dr. H. Nizar, M.Ag. mengapresiasi semangat Kemenag Provinsi Jawa Tengah dalam usahanya meraih keberhasilan dalam mewujudkan Reformasi Birokrasi menuju WBK.

“Mewujudkan Reformasi Birokrasi bukan hal yang mudah maka semangat yang baik Kemenag Provinsi Jawa Tengah perlu didukung dengan komitmen bersama,” tutur Nizar pada Pembinaan Aparatur Sipil Negara (ASN) Actum ad Astra WBK di Hotel Grasia Semarang (13/06). 

Lebih lanjut beliau menyampaikan apa yang tertuang dalam Peraturan Menteri Agama Nomor 29 Tahun 2020 tentang Roadmap Reformasi Kementerian Agama Tahun 2020 – 2024 bahwa untuk mewujudkan pelaksanaan reformasi birokrasi secara efektif, efisien, terukur, konsisten, terintegrasi, dan berkelanjutan.

“Roadmap ini merupakan dokumen rencana pelaksanaan kebijakan reformasi Kementerian Agama pada program mikro melalui 8 (delapan) area perubahan dan 1 (satu) program percepatan (quick wins),” jelas Prof. Nizar.

Lebih lanjut Prof. Nizar menjelaskan bahwa pelaksanaan Reformasi Kementerian Agama dikoordinasi oleh Sekretariat Jenderal melalui Biro Ortala dan melalui beberapa proses.

“Penilaian mandiri oleh Tim Penilai Mandiri Pembangunan Zona Integritas dan adanya survey Reformasi Birokrasi yang dilaksanakan oleh Balai Litbang dan Diklat,” tuturnya menerangkan beberapa proses pelaksanaan Reformasi Birokrasi.

Prof. Nizar juga menjelaskan sasaran Reformasi Birokrasi sebagaimana yang tertuang dalam PMA

“Ada 3 (tiga) aspek yang menjadi sasaran Reformasi Birokrasi yakni terwujudnya Birokrasi yang bersih dan akuntabel, Birokrasi yang Kapabel, dan Pelayanan Publik yang prima pada Kementerian Agama,” terangnya

Prof. Nizar mengingatkan bahwa seluruh Satker Kementerian Agama wajib mewujudkan Reformasi Birokrasi. 

Nampak hadir mendampingi Sekjen, Kakanwil Kemenag Prov. Jateng, Musta'in Ahmad dan Kabag TU, Fajar Adhy Nugroho dan sebagai peserta Pejabat eselon III yakni para Kepala Bidang, Pembimas, dan pejabat eselon IV, serta JFT setingkat eselon IV.

Dalam acara tersebut juga dilaksanakan penyerahan bantuan bencana banjir dari Sekjen kepada Kakanwil, penyerahan bantuan bencana puting beliung dari Sekjen kepada Kakankemenag Kota Semarang.

Penyematan Pin WBK oleh Sekjen kepada Kabag TU, Kabid Urais, Pembimas Kristen, dan Kasubbag Ortala dan KUB. (qq)