Selalu Update Informasi Haji bagi Masyarakat

Semarang (PHU) – Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) pada Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah dalam rangka memberikan pelayanan, pembinaan dan perlindungan kepada jemaah haji tahun 1439 H/2018 M melaksanakan kegiatan pemantapan jadwal kloter Provinsi Jawa Tengah. Kegiatan dibuka oleh Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah, Farhani, di Hotel Candi Indah Semarang, Jum'at (11/05).

Kegiatan yang dilanjutkan dengan qur'ah (pengundian) kloter jemaah haji pada Embarkasi Adi Soemarmo diikuti oleh 80 orang peserta dan dihadiri oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten/ Kota se-Jawa Tengah beserta Kepala Seksi PHU-nya.

’’Qur'ah merupakan agenda rutin tahunan, berkaitan dengan jadwal nasional meliputi jadual jemaah saat masuk asrama sampai dengan kepulangan jemaah haji,'' ucap Farhani.

Diawal paparannya Farhani juga menjelaskan penghargaan-penghargaan yang didapat pada penyelenggaraan ibadah haji tahun kemarin oleh Embarkasi/Debarkasi Adi Soemarmo. Kakanwil juga menjelaskan bahwa penyelenggraan haji yang kita laksanakan tidak lepas dari tim pengawasan baik itu dari tingkat pusat sampai dengan keluarga jemaah yang berangkat ke tanah suci.

“Sukses penyelenggaraan haji itu ternyata dari beberapa unsur dan segmen anggota masyarakat semuanya harus dapat kita perhatikan,'' katanya.

Mengakhiri, Kakanwil berharap kegiatan terkait perkembangan penyelenggaraan haji untuk dapat diinformasikan secara berkala melalui media yang mudah diakses kepada masyarakat. Baik itu update informasi  melalui website Kementerian Agama baik itu ditingkat Kanwil maupun Kabupaten/ Kota.

“Sesuai dengan pesan Bapak Menteri Agama, penyelenggaraan haji itu rutin dilaksanakan tetapi permasalahannya yang dimunculkan selalu ada dan jenisnya selalu berbeda-beda, bahwa itu semua adalah Sunatullah tetapi komitmen kita untuk mensukseskan penyelenggaraan haji demi kemandirian dari jemaah haji,” pungkasnya. (djs/gt).