Semarakkan HAB Kemenag, FKUB Akan Gelar Gerak Jalan Santai

Rembang – Sekitar 5.000 peserta diprediksi akan menyemarakkan Jalan Santai dalam rangka Hari Amal Bhakti ke-72 Kementerian Agama tingkat Kabupaten Rembang. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Rembang yang mendukung sepenuhnya rangkaian kegiatan HAB.

Jalan santai ini akan dihelat pada Minggu (17/12) pukul 06.00 WIB di alun-alun Rembang. Gerak Jalan Kerukunan ini digelar atas kerjasama antara FKUB Kabupaten Rembang, Kankemenag Kabupaten Rembang, Pemkab Rembang, Polres Rembang, dan Kodim 0720 Rembang.

Untuk memperlancar acara, panitia kegiatan mengadakan rapat koordinasi pada Rabu (13/12) di Gedung Hijau, Kompleks rumdin Wabup Rembang. Adapun panitia terdiri atas anggota FKUB, Gema FKUB, dan pihak-pihak terkait lainnya. Selain panitia, rapat ini juga menghadirkan Polres Rembang dan Kodim 0720 Rembang sebagai stakeholder yang akan mendukung memeriahkan kegiatan ini.

Mohammad Ali Anshory selaku Penasehat FKUB Kabupaten Rembang mengemukakan, gerak jalan ini bertemakan ‘Gerak Jalan Sehat Kerukunan, Membangun Kerukunan dan Toleransi Antar Umat Beragama Demi Mempertahankan Eksistensi Kemajemukan Agama Serta Budaya Lokal dan Nasional’.

Ali meminta kepada semua pihak yang terlibat dalam kepanitiaan agar mempersiapkan diri sematang mungkin karena peserta yang ikut diperkirakan akan membludak.

Jalan Santai ini akan diikuti oleh semua pihak, di antaranya keluarga besar FKUB Kabupaten Rembang, Keluarga Besar Kankemenag Kabupaten Rembang, ASN se-Kabupaten Rembang, TNI, Polri, Tokoh Agama, Forkominda, Ormas, pelajar, mahasiswa, dan masyarakat umum.

Rencananya, Gerak Jalan Kerukunan ini juga akan dimeriahkan oleh berbagai hiburan, antara lain grup keroncong Polres Rembang, hadroh dari MAN Rembang, dan berbagai macam lomba dari Dharma Wanita Persatuaan Kankemenag Kabupaten Rembang.

Kegiatan juga akan diisi dengan donor darah yang difasilitasi oleh PMI Kabupaten Rembang dan penyerahan bantuan dari keluarga besar Kankemenag Kabupaten Rembang untuk korban bencana alam di Indonesia. Penyerahan bantuan bencana alam ini akan disalurkan melalui PMI Rembang.

Sekretaris Panitia Pelaksana yang juga sebagai sekretaris FKUB Kabupaten Rembang mengatakan, Ali Muhyiddin mengatakan, acara juga akan dimeriahkan oleh berbagai hadiah menarik dari sponsorship. Dengan jalan Sehat Kerukunan ini, diharapkan Kerukunan Umat Beragama di Rembang akan semakin tersiar. — ss/bd