Siapkan Petugas Haji Terbaik, PHU Gelar Tes Tahap Kedua

Semarang (PHU) – Dalam hal persiapan penyelenggaraan ibadah haji tahun 1440 H/2019 M, Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah melalui Bidang Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) menyelenggarakan tes petugas haji tahap 2 sebagai bagian dari rangkaian rekrutmen petugas haji tahun ini.

“Sebanyak 359 orang mengikuti seleksi petugas haji tahap kedua, dimana mereka yang masuk dalam tahapan tes ini telah melewati tes tahap pertama yang telah selesai dilaksanakan baik di tingkat Kanwil maupun Kabupaten/Kota yang dilakukan secara serentak,” ujar Muh Arifin Plt. Kepala Bidang PHU, Selasa (05/03).

Kegiatan yang dilaksanakan di ruang aula Poncowati hotel Patra Semarang dan diikuti oleh 359 orang peserta, langsung diawasi oleh tim dari Itjen dan Dirjen PHU Kemenag RI. Muh Arifin di awal laporannya juga merinci jumlah peserta tes sesuai dengan formasinya. Dimana untuk TPHI sebanyak 169 orang, TPIHI sebanyak 144 dan PPIH Arab Saudi sebanyak 46 orang.

“Untuk PPIH Arab Saudi dibedakan lagi menjadi beberapa formasi tugas yaitu untuk formasi bimbingan ibadah sebanyak 3 orang, Siskohat sebanyak 2 orang, pelayanan akomodasi sebanyak 20 orang,” terangnya.

“Untuk formasi pelayanan transportasi sebanyak 6 orang dan pelayanan konsumsi sebanyak 15 orang,” tambahnya.

Dijelaskan bahwa kegiatan rekrutmen tahap kedua ini bertujuan untuk menyiapkan petugas yg amanah, profesional, terampil dan handal dalam melayani jemaah haji.

“Kegiatan ini bertujuan juga untuk meningkatkan perlindungan kepada jemaah haji dan juga meningkatkan indeks kepuasan jemaah haji dari tahun sebelumnya,” katanya.

Muh Arifin berharap kepada seluruh peserta dapat mengikuti rangkaian kegiatan tes tahap kedua dengan baik. Baik itu tes secara online dengan menggunakan sistem CAT (Computer Assisted Test) maupun tes tertulis dan wawancara yang harus dilalui seluruh peserta pada hari yang sama. (vd/gt).