SIMPATIKA Online Upaya validasi Guru Dan Pengawas PAI

BLORA – Mulai tanggal 1 Pebruari 2017, guru dan pengawas Agama Islam (PAI) harus memahami sistem informasi pengendalian dan pengawasan internal tenaga kependidikan  melalui aplikasi Sistem Informasi Pendidik dan Tenaga kependidikan Kemenag (SIMPATIKA) secara online, sebagai upaya validasi dan pemetaan data guru dan pengawas PAI.

Untuk itu,  operator SIMPATIKA tingkat kabupaten diminta untuk menginput data guru PAI yang tersebar di sekolah masing-masing karena bermanfaat untuk berbagai kepentingan seperti digitalisasi portofolio PTK,verval NRG,vervj al Impassing, NPK, alih tugas tambahan, SKMT dan SKBK Online, seleksi sertifikasi guru kemenag, registras UKG, eTunjangan,tata kelola pengawas, ePKB dan program lainnya.

Demikian disampaikan oleh Kasi PAIS Kemenag Blora, Imron dalam rapat koordinasi layanan aplikasi SIMPATIKA pada kamis (2/3) di RM Djoglo Blora.

Di hadapan sekitar 60 peserta dari unsur pengurus KKG Kecamatan, Pengurus MGMP PAI , Pengurus MGMP PAI SMA, Pengurus MGMP PAI SMK, Pengurus FKG PAI,operator SIMPATIKA FKG/KKG/MGMP dan pengawas PAI, Imron menandaskan SIMPATIKA wajib diisi untuk pemetaan data guru secara valid, dan aplikasi ini sudah terstruktur secara bejenjang mulai dari individu PTK, pimpinan madrasah, Kantor kemenag kabupaten, Kanwil, hingga unit unit kerja kemenag pusat terpadu  yang sangat penting untuk perencanaan, pengadaan guru, kesejahteraan maupun pembinaan yang tepat sasaran.

Melalui rakor tersebut, Imron menyampaikan bahwa data SIMPATIKA harus terupdate secara langsung, guru dan pengawas mengetahui bahwa system dan database dapat terdistribusi di beberapa lokasi data center yang disediakan pengguna, dan pengguna diberikan hak akses layanan personal untuk pemutakhiran data secara  mandiri melalui digital termasuk evaluasi diri sendiri.

Selanjutnya Imron berharap agar para guru PAI yang belum terdata baik dalam aplikasi EMIS maupun dalam aplikasi SIMPATIKA, agar segera memasukkan kelengkapan berkas ke Kantor Kementerian Agama Blora, yang bermanfaat untuk pemetaan guru PAI di tiap daerah, termasuk dalam hal penentuan guru PAI sasaran diklat/pendidikan guru professional.

“Mari kita bangun bersama peningkatan mutu PTK Kemenag dengan pemanfaatan Teknologi Informasi terkini yang lebih cepat, mudah, akurat, akuntabel dan berkesinambungan melalui SIMPATIKA ini dan semoga bisa berjalan dengan lancar” paparnya serius.

Hal senada disapaikan Imam Sujai, operator SIMPATIKA PAIS Kabupaten tentang teknis input SIMPATIKA secara online untuk Periode Simpatika untuk Semester 1 sudah berakhir tanggal 31 Januari 2017, maka  Sesuai dengan jadwal maka pada tanggal 1 Februari 2017 akan dibuka SIMPATIKA untuk periode semester 2 Tahun Pelajaran 2016/2017.

Adapun yang dirilis dalam SIMPATIKA tersebut antara lain Lanjutan Verval NRG dan Verval SK Inpassing, Cetak Kartu Digital status keaktifan PTK pada periode Semester 2 TP. 2016/2017, Isian Jadwal Mengajar Guru Madrasah, Guru PAIS dan Bimas Semester 2 TP. 2016/2017,  Untuk guru PAIS/Bimas ada penambahan untuk melakukan input jumlah siswa yang diajar, Pengelolaan Pengawas dibawah masing-masing bidang (Pendma, PAIS, Bimas) dan Tugas tambahan Guru PAIS/Bimas sebagai Kepala Sekolah, dikelola langsung oleh Admin PAIS kemenag Kabupaten, Keaktifan Kolektif Madrasah(S25), Keaktifan dan Cetak Kartu Pengawas, Verval Profil Madrasah disertai dengan NSM (Nomor Statistik Madrasah), informasi angka/statistik kelebihan dan kekurangan guru di login akun Kepala Madrasah, Upload dokumen kelengkapan inpassing dan Pengelolaan kelas akselerasi.

Imam juga menjelaskan  agar masing-masing individu PTK dan lembaga dapat fokus melakukan kegiatan sesuai dengan yang telah dirilis 1 Februari 2017 terlebih dahulu hingga selesai dengan baik, serta tidak ada yang tertinggal dan atau terjadi kekeliruan. (ima/bd)