Simulasi UNBK, Ukur Daya Serap Pembelajaran Siswa MTsN 1 Klaten

Klaten – MTsN 1 Klaten mengadakan simulasi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK ) yang dikuti kelas IX sebanyak 247 siswa, Jumat(1/2).

Panitia simulasi UNBK, Khadarin, yang sekaligus Waka Bidang Humas mengatakan kegiatan ini merupakan persiapan siswa MTsN 1 Klaten dalam menghadapi Ujian Nasional tahun 2019.

“Tujuan kegiatan ini adalah membiasakan siswa untuk berhadapan dengan komputer, karena mulai saat ini UAM, UMBK memakai komputer dan internet,” jelas Khadarin.

Kegiatan simulasi UNBK ini diadakan selama empat hari itu dibantu 3 petugas di tiap ruangan, yaitu pengawas, teknisi, proktor/ petugas operator. Pelaksanaan uji coba UNBK kali ini dibagi menjadi 3 sesi, sesi 1 (jam 07.30 – 09.30) Al-Qur’an & Hadits, sesi 2 (10.00 – 12.00 ) Fiqih, dan sesi 3 (14.00 – 16.30) adalah uji coba UNBK besok, yaitu Bhs. Indonesia, Bhs. Inggris, MTK dan IPA.

Sementara itu dalam pengarahannya, Kepala MTsN 1 Klaten, Nurul Qomariyah, menyampaikan simulasi ini agar dimanfaatkan siswa untuk mengerjakan soal pilihan ini dengan sungguh-sungguh.

“Alhamdulilah, kegiatan ini berjalan lancar tidak ada halangan baik secara teknik maupun peralatan komputer yang dimiliki MTs. Banyaklah berlatih agar terbiasa menghafal username dan password UNBK,” tandas Nurul.

Beliau juga berharap simulasi UNBK ini menjadi barometer prestasi siswa besok dalam menghadapi UNBK yang sesungguhnya. Selain untuk mengukur ketercapaian kompetensi siswa selama menempuh pendidikan di sekolah atau madrasah yang ditempatinya. Dari situlah akan terlihat seberapa besar daya serap siswa terhadap pembelajaran yang telah dilalui di kelas.

Para siswa akan menjadi semakin siap dan percaya diri dalam menatap ujian nasional. “Semoga sukses saat ujian nasional tiba,” harapnya.(nrd-aj/sua)