Sinergitas BADKO LPQ dan Kemenag Salatiga Mendukung EMIS

Salatiga — Ahad (26/09) bertempat di PPTI Al Falah Grogol, Salatiga berlangsung Pengukuhan dan Pengesahan Pengurus BADKO LPQ Kota Salatiga periode 2021-2024. Acara yang dikemas  three in one dengan rakor sosialisasi IJOP (ijin operasional) LPQ dan pelatihan EMIS (Education Management information System) berlangsung sejak pukul 08.00 s.d 15.00 WIB.

Hadir dalam acara tersebut Kasi Pakis (Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam) Kantor Kemenag Kota Salatiga, Qomarul Aziz.  Dalam sambutannya Qomarul Aziz menyampaikan pentingnya melakukan pendataan lembaga keagamaan Islam.  “Saya berterima kasih kepada BADKO LPQ yang telah membangun sinergitas dengan kami dalam menyukseskan program IJOP dan EMIS.  IJOP sangat penting karena merupakan kunci sebuah lembaga untuk mengakses program administratif lainnya seperti EMIS. Di era digital ini ketersediaan data yang mutakhir sangat penting guna menentukan kebijakan-kebijakan berkaitan dengan kebutuhan lembaga keagamaan,” tandas Qomarul Aziz lebih lanjut.

Sementara itu Kasubbag TU Kantor Kemenag Salatiga, Muhammad Sholeh Mubin mewakili kepala kantor menyampaikan apresisiasi tinggi kepada BADKO LPQ Salatiga dan BAZNAS Kota Salatiga sebagai mitra kerja kantor Kemenag Salatiga selama ini.  Lebih lanjut Mubin menyampaikan, “Dewasa ini pendidikan agama menjadi sangat penting mengingat kita berada di era digital yang serba cepat.  EMIS memungkinkan kita melakukan pendataan lembaga keagamaan dan identifikasi kebutuhannya dengan mudah. Harapan kita ketersediaan informasi lembagaa keagamaan yang uptodate akan menjadi arah atau panduan dalam mengambil kebijakan-kebijakan di masa mendatang.”

Pengukuhan dan pengesahan pengurus BADKO LPQ Salatiga periode 2021-2025 dilakukan oleh Sekretaris Umum BADKO LPQ Jawa Tengah, Muhammad Nur Fauzan.  Dalam sambutannya Nur Fauzan menyampaikan di era post truth ini mendidik anak-anak berlandaskan al qur’an menjadi sangat penting.  Pendidikan al qur’an bukan hanya mengajari anak mahir membaca dan menulis huruf al qur’an akan tetapi menjadikan al qur’an sebagai pedoman hidup. 

Pada periode 2021-2025 ini, Murtadho, penyuluh Agama Islam fungsional pada kantor Kemenag kota Salatiga terpilih sebagai ketua dan Sigit Suprayogi, penyuluh agama non fungsional kantor kemenag sebagai sekretaris BADKO LPQ Salatiga.(Mudjibah)