Siswa MAN 2 Kudus Raih Juara Lomba Pelopor Keselaman Jalan Tingkat Jawa Tengah

Kudus – Satu lagi bintang yang menorehkan prestasi gemilang dari pelajar MAN 2 Kudus. Khoirun Nisa' Lu'lu' Mafruchah kelas XII MIA 4, meraih juara 2 lomba Pemilihan  Pelopor Keselamatan Jalan tingkat Provinsi Jawa Tengah tahun 2018. Lomba ini diikuti oleh 38 peserta tingkat SMA/MA/SMK se Jawa Tengah. Para peserta yang ikut telah melalui seleksi  tingkat kabupaten masing-masing.

Lomba yang diselenggarakan oleh Dinas Perhubungan Jawa Tengah ini berlangsung selama empat hari mulai tanggal 23 sampai 26 Juli 2018, di Hotel Puri Garden Semarang.

Judul karya tulis ilmiah yang diangkat oleh siswa kelas XII MIA 4 ini adalah “Pemanfaatan 'Sparkly' sebagai Solusi Tertib Parkir Kendaraan Bermotor”. Berangkat dari permasalahan parkir liar yang sering terjadi, pelajar ini memperkenalkan inovasi alat ” SPARKLY; Stopping and Parking Orderly” sebagai solusi tertib parkin kendaraan bermotor.  Sparkly merupakan rangkaian sensor ultrasonik yang diprogram dan dipasang di atas rambu larangan parkir atau pada sisi jalan yang dibutuhlan. Jika terdapat kendaraan berhenti pada area jangkauan sensor 'Spatkly' lebih dari batas waktu 90 detik, kendaraan tersebut dianggap parkir. Begitu juga dengan kendaraan lain yang sengaja diparkir pada area tersebut dan dan tertangkap oleh sensor ultrasonik akan mengeluarkan bunyi sirene  beserta suara peringatan “Maaf, anda dilarang parkir di area ini. Mohon pindahkan kendaraan Anda pada tempat parkir yang tersedia”.

Harapan penulis, dari bunyi yang ditimbulkan tersebut dapat membuat perasaan tidak enak atau 'risih' dengan pelanggaran yang mereka lakukan. Mereka akan segera memindahkan kendaraan di tempat parkir yang tepat.

Penelitian ini membutuhkan waktu sekitar 2 bulan, yaitu bulan Juni dan Juli 2018. Dengan waktu yang singkat untuk sebuah penelitian, pelajar ini mampu menyelesaikan dengan baik dan tepat waktu. Ini tentu membutuhkan perjuangan yang keras. 

Penelitian ini membutuhkan alat, responden, dan sumber-sumber terkait. Kepala Dinas Perhubungan dan Kapolres Kudus sangat mendukung penelitian yang dibutuhkan terutama kebutuhan wawancara. Kepala MAN 2 Kudus, Bapak Drs. H. Shofi, M.Ag., juga sangat mendukung penelitian ini dan menfasilitasi kebutuhan yang ada.

Tindak lanjut ke depan, duta dari Jawa Tengah ini yang diwakili juara satu dan dua, akan mewakili lomba tingkat nasional.  Rencananya diadakan pada bulan Oktober mendatang di Jakarta. ( Widya/bd )