Siswa MIN 2 Raih Perunggu Kompetisi Matematika PPO Se Jateng-DIY

Sukoharjo – Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 2 Sukoharjo kembali menorehkan prestasi dibidang matematika. Dua siswa MIN 2 Sukoharjo berhasil meraih medali perunggu pada kompetisi matematika yang diselenggarakan oleh Perkumpulan Pembina Olimpiade (PPO) Se Jateng-DIY. Kompetisi tingkat provinsi Jawa Tengah dan DIY tersebut di gelar di SD Kalam Kudus Surakarta pada Minggu (4/11/2018).

Dua siswa MIN 2 tersebut yakni Aurora Qurrota Ayuna Raharjo untuk kelas 4 dan Tristan Rega Prakoso di kelas 5. Mereka berhasil membawa pulang medali perunggu setelah menyelesaikan 30 soal yang disediakan panitia dalam waktu 90 menit. Keduanya merupakan perwakilan dari wilayah Solo Raya pada ajang sejenis. Pada tingkat wilayah Solo Raya, Aurora dan Tristan berhasil meraih medali perak.

Aurora mengaku senang dengan prestasi yang diraihnya. Baginya mendapat medali perunggu sudah merupakan kebanggaan tersendiri dengan tahapan-tahapan yang harus dilalui sebelum ke tingkat provinsi. “Saya meluangkan waktu khusus untuk pembinaan, minimal seminggu 4 kali dan dibina langsung oleh Pak Burhan Susilo,” ungkapnya.

Menurut Aurora, prestasi kali ini merupakan prestasi ketiga kalinya dalam kompetisi di bidang matematika. “Sebelum ini saya juga meraih medali perunggu serta perak pada lomba matematika di Solo dan Madiun. Saya juga telah persiapan dan pembinaan supaya mendapat medali emas,” papar siswi yang sudah sejak kelas 3 menggeluti lomba matematika ini.

Sementara itu, Kepala MIN 2 Sukoharjo, Danuri, turut berbahagia dan bangga akan prestasi anak didiknya. Menurutnya prestasi ini merupakan awal yang baik untuk persiapan berbagai lomba sejenis. “Beberapa lomba sudah kami persiapkan untuk dilakukan pembinaan sehingga siswa mendapat bekal yang cukup,” tandas alumni IAIN Salatiga tersebut.

Lebih lanjut Danuri menjelaskan bahwa tidak hanya bidang matematika saja yang dilakukan pembinaan, tetapi bidang lain juga seperti IPA. Menurutnya pembinaan matematika dan IPA lebih intensif pembinaannya karena untuk mempersiapkan Olimpiade Sains Nasional (OSN) dan Kompetisi Sains Madrasah (KSM). “Saya berharap tahun ini perwakilan MIN 2 lolos pada dua lomba tersebut seperti tahun sebelumnya,” harap Danuri diakhir keterangannya. (Pry/Djp/bd)