Sosialisasi Pembangunan Zona Integritas Angkatan Empat

Wonosobo – Kankemeng Kab. Wonosobo menggelar sosialisasi pembangunan Zona Integritas (ZI) angkatan ke empat secara tatap muka. Sosialisasi dihelat di aula Kankemenag Kab. Wonosobo, Jumat (17/09).

Adapun peserta yakni sebanyak tiga puluh orang yang merupakan guru Madrasah Ibtidaiyah se Kab. Wonosobo. Peserta yang hadir dipastikan sudah menerima vaksinasi covid 19, dan diwajibkan mematuhi protokol kesehatan.

Bertindak sebagai narasumber dalam kegiatan tersebut yakni Kakankemenag Kab. Wonosobo, Ahmad Farid, untuk menyampaikan materi seputar SDM unggul dan Kasubag TU, Mahbub, dengan materi Enam Strategi menuju WBK dan WBBM.

Dalam materinya, Ahmad Farid, Menyampaikan bahwa ZI menjadi syarat nomor satu untuk menghasilkan sumber daya manusia (SDM) yang unggul dimana diperlukan integritas yang tinggi, “Pembangunan ZI dianggap sebagai unit percontohan reformasi birokrasi dalam penegakan integritas dan pelayanan berkualitas, dengan tiga sasaran utama yaitu birokrasi yang bersih, birokrasi yang capable, dan birokrasi yang memiliki layanan publik yang prima,” Jelas Farid.

Ia menambahkan, pengembangan budaya pelayanan prima mencakup keseluruhan aspek proses pemberian pelayanan mulai dari sarana dan prasarana pelayanan, sistem informasi yang dibangun, hingga SDM yang memiliki karakteristik nilai-nilai pelayanan, “untuk mencapai predikat WBK dan WBBM perlu adanya penyamaan komitmen dalam mewujudkannya,” tandasnya.

Sementara itu, Mahbub, dalam materinya menyampaikan dalam pembangunan ZI ada enam komponen atau strategi yang dapat dilakukan, “ada enam komponen dalam pembangunan ZI menuju WBK dan WBBM. Enam hal tersebut adalah manajemen perubahan, penataan tata laksana, penguatan system manajemen SDM, penguatan Akuntabilitas, penguatan pengawasan dan peningkatan  kualitas pelayanan publik,” jelas Mahbub.

Ia juga berharap dengan adanya sosialisasi secara bertahap, dapat menjadi langkah yang efisien untuk menyamakan komitmen bersama dalam pembangunan ZI, “meski keterbatasan ruang dan lingkung, kami harap hal itu tidak menyurutkan semangat kita menuju WBK dan WBBM. Kami buat bertahap agar sosialisasi tersampaikan secara detail, menyeluruh, dan tidak membahayakan keselamatan bersama ditengah pandemic.”tandasnya.

Diakhir acara dipekikkan semangat pembangunan ZI menuju WBK dan WBBM. Ps-ws