Subadi : UAMBN-BK Harus Menekankan Pada Aspek Integritas dan Kejujuran

Wonogiri – Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Wonogiri, Subadi di dampingi Plt. Kasi Penmad Sarwono melaksanakan monitoring penyelenggaraan Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional Berbasis Komputer (UAMBN-BK), Senin (26/03) di MAN Wonogiri.

di hadapan Kepala MAN Wonogiri dan jajarannya, Ka. Kankemenag megaskan kembali bahwa Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional Berbasis Komputer (UAMBN-BK) harus disikapi dengan serius mengingat ujian akhir masih menjadi salah satu barometer pengukur keberhasilan anak didik di madrasah yaitu sebagai bahan evaluasi yang harus di laksanakan dengan jujur, aman, tertib serta peserta didik mampu mengikuti ujian dengan baik dan terus giat belajar.

Selain itu ujian madrasah merupakan momentum untuk lebih mengenali kemampuan diri. Karenanya, kejujuran dan nilai integritas dalam menjalani ujian harus dikedepankan, sudah semestinya moment ujian dihadapi dengan semangat untuk lebih giat belajar.

“UAMBN_BK  harus sebagai bahan pertimbangan dalam pemetaan mutu madrasah, umpan balik perbaikan program pembelajaran, dan alat pengendali mutu pendidikan di madrasah” harap Subadi.

Seperti di ketahui tahun ini UAMBN sendiri terdiri atas dua jenis yaitu UAMBN-BK dan UAMBN-KP. UAMBN-BK atau Ujian Akhir Madrasah Berbasis Komputer adalah Ujian yang dalam menampilkan soal dan proses menjawab menggunakan Komputer sedangkan UAMBN-KP atau Ujian Akhir Madrasah Berbasis Kertas dan Pensil masih menggunakan Naskah Soal dan lembar jawaban berbasis Kertas dan menggunakan Pensil. (Mursyid_Heri/Wul)