Sukseskan Matsama MTsN Surakarta I Tahun Ajaran 2018/2019

Surakarta– .Siswa-siswi beserta guru dan pegawai Madrasah Tsanawiyah Negeri Surakarta I (MTsN Surakarta I) mengikuti apel pembukaan Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (Matsama) dengan tertib dan khidmat, Senin (16/7).

“Saya berharap agar siswa sekalian memiliki kepedulian yang lebih terhadap madrasah maupun lingkungan luar, meninggalkan kebiasaan kekanak-kanakan, dan bersikap lebih dewasa,” ungkap Kirno Suwanto, M.Pd., Kamad MTsN Surakarta 1 dalam amanatnya.

Beliau juga memaparkan bahwa jumlah pendaftar PPDB Program Khusus, Full Day, Tahfidzul Qur’an, dan Regular tahun sebanyak 962 siswa, sedangkan yang diterima hanya 312 siswa. Dari jumlah tersebut dapat dikatakan bahwa siswa-siswi MTsN adalah anak-anak terpilih  yang diharapkan mampu mengembangkan kreatifitas dan kemampuan masing-masing untuk meraih kesuksesan.

Kirno berharap Matsama tahun ini dapat diikuti dengan tertib, sungguh-sungguh, bertata krama, dan berjalan dengan lancar. Selain itu, peserta Matsama benar-benar berhasil mengenal MTs Negeri Surakarta I. Matsama merupakan kegiatan pengenalan lingkungan,  program, dan struktur organisasi yang ada di madrasah.

“Tiga kunci meraih kesuksesan adalah ketaatan, kedisiplinan dalam segala hal, dan kesungguhan untuk melakukan sesuatu,” ungkapnya lagi sebagai motivasi untuk seluruh siswa agar menjadi lebih baik.

Selanjutnya Pembukaan Matsama ditandai dengan pengalungan tanda peserta secara simbolis oleh Kepala Madrasah kepada perwakilan peserta dan diikuti oleh peserta yang lain. Setelah apel pembukaan, siswa mengikuti Matsama dilaksanakan secara umum dan klasikal dipandu oleh panitia.

Matsama sendiri dilaksanakan tanggal 16-18 Juli 2018 di aula MTsN 1 Surakarta sedangkan klasikal diadakan di kelas masing-masing. Materi yang diberikan sesuai dengan jadwal yang disusun oleh panitia Matsama.Pada saat pemberian materi atribut peserta Matsama harus tetap dikenakan. Pada hari pertama materi pengenalan lingkungan madrasah disampaikan oleh masing-masing wali kelas.Peserta Matsama diajak melihat-lihat lingkungan madrasah dan dikenalkan fasilitas umum yang ada di Madrasah. Materi selanjutnya tentang keagamaan diisi oleh bapak/ibu guru yang sudah terjadwal.

Setelah istirahat diberikan materi tata krama, diharapkan dengan materi tata krama tersebut peserta Matsama dapat bertutur kata dan bertingkah laku dengan memperhatikan tata krama. Materi Matsama yang terakhir disentralkan di aula MTsN 1 gedung 1 tentang lagu nasional dan Mars MTs. Kegiatan Matsama setiap harinya berakhir setelah sholat Dhuhur berjamaah. (rma/Wul)