Sukseskan USBN PAI dengan Pendalaman Kisi – Kisi

Karanganyar – Seksi Pakis Kemenag Kab. Karanganyar mengadakan Rapat Koordinasi (Rakor) dengan mengundang para pengawas PAI dan pengurus MGMP SMA/SMK, pada Selasa (06/03) bertempat di kantor Kemenag Kab.Karanganyar. Rakor ini terkait dengan persiapan pelaksanaan Ujian Sekolah Berstandar Nasional Pendidikan Agama Islam (USBN PAI) untuk SD, SMP, SMA dan SMK.

Dalam sambutannya Kakankemenag, Ahmad Nasirin, menyampaikan beberapa hal terkait dengan pelaksanaan USBN PAI yang akan dilaksanakan bulan April 2019. Nasirin berpesan agar para guru PAI memperhatikan betul kisi – kisi yang sudah ada. Persiapan yang matang dan lebih awal dengan harapan dapat hasil yang maksimal

“USBN PAI yang akan dilaksanakan bulan April 2019 nanti, kita persiapkan sebaik mungkin. Bpk/Ibu guru PAI diperhatikan betul materi yang disampaikan pada anak – anak harus sesuai dengan kisi – kisi. Persiapan yang matang dan lebih awal agar hasil lebih maksimal,” tutur Nasirin.

Kasi Pendidikan Agama  & Keagamaan Islam (PAKIS), Ahmad Muhtadi, M.Pd. menyampaikan, USBN harus dipersiapkan dengan cermat dan teliti.

“USBN harus dipersiapkan dengan baik dan penuh kecermatan karena penyusunan soal USBN PAI ini sudah menjadi kewenangan Kementerian Agama, namun harus selalu berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan untuk kelancaran USBN ini sehingga pada akhirnya nanti ujian berjalan dengan baik,” jelas Muhtadi.

Kisi-kisi soal Ujian dibuat oleh guru PAI yang sudah berkompeten dan mempunyai tanggung jawab, sesui kurikulum yang diterapkan serta harus dapat menjaga kerahasiaan soal ujian yang di buatnya, sedangkan untuk penggandaan soal ujian diserahkan pada sekolah masing-masing karena ini ujian sekolah.

Semoga USBN dapat ditempuh anak – anak dengan baik dan lancar. Karena USBN merupakan tolok ukur pada mutu pendidikan, khususnya untuk mata pelajaran PAI yang akan menjadi bekal awal anak dalam menyongsong masa depannya nanti. Akademik yang terasah dan Akhlak yang terpuji akan menghasilkan generasi yang unggul.(Ius-hd/Sua)