Syiffa Berjaya Di Popdaseni SD/MI Kabupaten Cilacap 2018

Cilacap – Dara belia dengan nama lengkap Aulia Syiffa Apriliani berjaya di ajang Pekan Olahraga Pelajar Daerah dan Seni (Popdaseni) Kabupaten Cilacap 2018 cabang tenis meja tunggal putri. Popdaseni tingkat Kabupaten Cilacap digelar di Komplek Stadion Wijayakusuma Cilacap, Jumat (22/2).

Sejak pertama kali bertanding, Syiffa tampil dengan penuh percaya diri. Hingga babak semi final, dia berhasil mempecundangi unggulan pertama, Melinda Nur dari Kecamatan Kesugihan.

Syiffa, begitu panggilan akrabnya, dia adalah anak dari pasangan H Agus Rubiyanto Ketua Pokjawas Kabupaten Cilacap dan Ellis Satyawati Kepala MIN 1 Cilacap.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Cilacap, Jamun secara terpisah memberikan apresiasi atas torehan prestasinya. Menurutnya, prestasi siswa madrasah semakin bertebaran di mana-mana, termasuk di bidang olahraga.

“Jika dulu masyarakat mengenal madrasah dari segi agamanya saja, sekarang masyarakat bisa melihat presasi madrasah di berbagai cabang ilmu, bahkah ranah olahraga. Prestasi ini tentunya sangat sesuai dengan isi dari salah satu panca prestasi madrasah yaitu prestasi olahraga dan seni. Momentum ini juga agar bisa menjadi salah satu modal mengkampanyekan madrasah melalui gerakan sadar madrasah. Sehingga perhatian masyarakat akan semakin besar kepada madrasah,”Ungkapnya.

Syiffa merupakan siswa MIN 1 Cilacap yang sekarang menduduki bangku kelas 6 A. Dia sudah menekuni olah raga tenis meja sejak kelas tiga. Dia dilatih langsung oleh ibunya yang juga merupakan athlet tenis meja tingkat Kabupaten Cilacap.

Selama karirnya di bidang tenis meja, Syiffa sudah banyak menyabet kejuaraan dari tingkat lokal hingga provinsi. Di antaranya adalah juara II pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) di Banjarnegara. Runner up tingkat provinsi kelompok usia dini di Pati dan menjadi yang terbaik kedua pada turnamen antar klub Wijayakusuma Cup.

Di awal permulaan karirnya, Syifa berhasil menjadi terbaik kedua pada Ajang Kompetensi Olahraga dan Seni Madrasah (AKSIOMA) tingkat kecamatan pada 2014. Dia tidak patah semangat terus berlatih dengan dukungan orang tua yang sekaligus pelatihnya. Prestasi demi prestasi terus di raih dengan menjadi runner up di AKSIOMA 2016 tingkat Kabupaten Cilacap. (On/bd)