Tak Sekedar Slogan, Siswa Madrasah Hebat dan Bermartabat Raih Nilai Sempurna di UTBK SBMPTN 2021

Semarang (Humas) – Siswa-siswi Madrasah kembali torehkan sayapnya dengan meraih nilai sempurna dalam Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) SBMPTN 2021. Tak sekedar menjadi slogan, kali ini terdapat 4 siswa Madrasah Jawa Tengah yang membuktikan bahwa siswa-siswi Madrasah hebat dan bermartabat. 

“Nilai sempurna tentu bukan hal yang mudah didapatkan, ini menandakan kualitas kemampuan siswa madrasah semakin baik,” ujar Direktur Jenderal Pendidikan Islam Muhammad Ali Ramdhani, Jumat (18/6).

“Seluruh siswa siswi madrasah berprestasi dan yang lulus SBMPTN 2021 harapannya dapat mengharumkan nama madrasah di kampusnya nanti, dengan tetap mempertahankan prestasi,” imbuhnya.

4 siswa hebat tersebut ialah siswa dari MAN Insan Cendekia Pekalongan, Jawa Tengah, berikut adalah daftarnya:

– Muhammad Itqon Alexander yang meraih nilai sempurna untuk mata pelajaran Kimia Kelompok Ujian Saintek 2021, diterima di Teknik Fisika Universitas Gajah Mada.

– Fikri Naufal Hamdi yang meraih nilai sempurna mata pelajaran Kimia pada Kelompok Ujian Saintek 2021, diterima di Teknik Elektro dan Informatika ITB.

– Salma Salsabila Firdausa yang berhasil meraih nilai sempurna mata pelajaran Sejarah TKA Kelompok Ujian Sosial Humaniora, diterima di Fakultas Psikologi UGM.

– Alghifari Mahfudz Rumi yang berhasil meraih nilai 1000 Tes Potensi Skolastik (TPS) Pengetahuan dan Pemahaman Umum Kelompok Ujian Saintek, diterima di Teknik Mesin ITB.

Selain Rhamdani, Ishom Yusqi selaku Direktur Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah juga mengaku bangga dengan prestasi nilai sempurna yang diraih siswa-siswi MAN IC. Ia menuturkan bahwasanya perolehan nilai sempurna dalam UTBK SBMPTN 2021 oleh siswa-siswi MAN IC menjadi bukti bahwa siswa madrasah mampu bersaing dengan siswa-siswi di sekolah umum lainnya.

“Ini prestasi yang luar biasa, tidak mudah mendapatkan nilai sempurna,” ujar Ishom yang juga merupakan Guru Besar IAIN Ternate.

Rhamdani dan Ishom berharap dengan prestasi akademik yang diraih oleh siswa-siswi MAN IC dapat memotivasi siswa madrasah yang lainnya supaya terus berusaha untuk mendapatkan hasil yang terbaik. Dengan begitu akan semakin banyak siswa lulusan Madrasah yang mampu bersaing dengan siswa di sekolah umum lainnya. (pqq)