Tangkal Paham Radikalisme , Polres Blora Gelar Sosialisasi di MAN Blora

Blora – Untuk mengantisipasi bahaya dari faham radikalisme dan pemahaman intoleransi di lingkungan masyarakat maupun sekolah, Satuan Binmas Polres Blora, melaksanakan giat sambang ke MAN Blora yang bertempat di Jalan Gatot Subroto Km. 4 Tunjungan Kab. Blora., kemaren (27/10/17) sekitar pukul 09.00 WIB.

Kegiatan sosialisasi dan penyuluhan kepada para siswa/siswi MAN Blora ini disampaikan oleh Kasat Binmas Polres Blora AKP Sumeidi, yang diwakili oleh Sat Binmas Iptu Tejo dan didampingi lima personil polres, kepala urusan Tata Usaha, Nandhori, SH dan Wakil Kurikulum MAN Blora, Yuni Dewi L, M.Si .

Sumedi memberikan pemahaman tentang bahaya dari faham radikalisme dan terorisme, yang bertujuan untuk merubah ideologi negara. Selain itu dalam giat juga disampaikan kepada siswa/siswi madrasah tentang pemahaman  intoleransi antara sesama siswa dan ditengah masyrakat dalam kehidupan sehari-hari.

Acaara berlangsung dengan sistem dialog interaktif secara timbal balik sehingga Setelah memberikan paparan materi dan sosialisasi kepada siswa-siswi madrasah , tim Sat Binmas Polres Blora itu juga melakukan tanya-jawab untuk mengetahui apakah materi yang disampaikan oleh tim sudah dimengerti atau belum dan komunikasi secara dialogis.

“Kita berikan himbauan agar bisa bersama-sama dapat mencegah masuknya faham tersebut. Dan apabila ada yang mengetahui adanya kelompok radikal di lingkungannya supaya bisa segera melaporkan hal tersebut kepada pihak kepolisian,” jelas Tejo.

Adapun Kasat Binmas Polres Blora AKP Khumaedi, SH, M.PdI, melalui Staf Sat Binmas Polres Blora, Iptu Tejo menjelaskan bahwa giat sambang pagi ini selain untuk antisipasi pengaruh radikalisma dan terorisme agar siswa tidak mudah dipengaruhi dengan bujuk rayu dari  kelompok radikal.

Selain itu, acara tersebut digunakan sebagai tempat untuk melakukan penggalangan, pendekatan dan pembinaan kepada para siswa siswi agar . “Giat ini disambut baik oleh bapak Fatah, S. Ag, M.Ed sebagai Kepala Madrasah dan siswa siswi sangat antusias mendengarkan materi yag disampaikan kami harapkan bisa memberikan pencerahan bagi generasi penerusnya,” tutup Iptu Tejo.

Kepala MAN Blora, HM Fatah menyampaikan bahwa kegiatan dialog ini sangat bermanfaat sekali untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap isu paham radikal dan fenomena aktual sehingga siswa bisa memahami dan mewaspadai gerakan radikalisme yang berkembang dan membahayakan keutuhan bangsa dan negara.

“kami sangat apresiasi dan terima kasih kerjasama yang positif ini semoga bisa memberikan pencerahan wawasan bagi siswa MAN Blora”imbuhnya serius. (umi/Ima/bd)