Targetkan Nilai Unggul Akreditasi Madrasah Dilingkunggannya, Kasi Penmad Monitoring Akreditasi MTs.N 4 Kebumen

Kebumen – Dalam rangka memastikan kelancaran pelaksanaan akreditasi madrasah dilingkungannya, Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kebumen Hj. Suwaibatul Aslamiyah melaksanakan monitoring pelaksanaan akreditasi di MTs. 4 Kebumen, Jum’at (03/09).

Menurut pengakuan Kasi Penmad kepada Humas setempat, dijelaskannya bahwa pelaksanaan akreditasi secara daring di MTs.N 4 Kebumen ini merupakan jadwal yang pertama kali dilaksanakan pada bulan September tahun ini. Dan berdasarkan jadwal yang diterimanya dari dari Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN S/M) Provinsi Jawa Tengah, untuk bulan ini ada sebanyak 11 (sebelas) madrasah dilingkungannya yang dijadwalkan akan diakreditasi oleh BAN S/M. Rencananya, enam (6) madrasah akan diakreditasi secara daring dan lima (5) madrasah lainnya diakreditasi secara luring.

Mengingat masih ada 10 madrasah lainnya yang akan diakreditasi secara daring maupun luring di bulan ini, maka dia ingin memastikan pelaksanaan akreditasi di MTs.N 4 ini semuanya berjalan dengan lancar. “Monitoring ini penting saya laksanakan agar saya bisa memberikan gambaran dan arahan kepada 10 madrasah lainnya, sehingga harapannya akan tercapai nilai sesuai target yang kami inginkan,” ungkapnya.

Adapun nama – nama madrasah yang akan diakreditasi oleh BAN S/M pada bulan September yaitu : 1. MTSN 4 Kebumen, 2.MTSS Padureso, 3.MTSS AL Ghazali, 4.MTSS Plus Nururrohmah, 5.MTSS Hidayatusshibyan, 6.MTSS Al-Ikhlas Tanuraksan, 7.MTSS Nurul Huda, 8.MAS Salafiyah Syafi`Iyah, 9. MIS Darussalam Triwarno, 10. MIN 1 Kebumen dan MTSS Sultan Agung.

Kemudian ketika ditanya lebih lanjut mengenai target yang ingin dicapai oleh jajarannya terkait pelaksanaan akreditasi ini, Kasi Penmad menginginkan hasil maksimal sesuai dengan kondisi madrasahnya. Namun khusus untuk MTs. N 4 Kebumen dia menargetkan agar bisa memperoleh nilai unggul, karena pada penilaian akreditasi sebelumnya nilainya (89) predikatnya A ketika itu.

Hal senada juga disampaikan Kepala MTs.N 4 Kebumen Mahmudin ketika dikonfirmasi humas menjelaskan, berdasarkan sertifikat yang dikeluarkan BAN S/M Provinsi Jawa Tengah Nomor : Dp.054 938 tanggal 26 November 2016 nilai akreditasi MTs.N 4 adalah  (89) predikatnya A ketika itu. “Maka untuk akreditasi tahun ini kami mohon doa restu dari semua pihak dan utamanya jajaran Seksi Pendidikan Madrasah Kantor Kementerian Agama Kabupaten kebumen, mudah – mudahan semua berjalan dengan lancar dan memperoleh hasil yang lebih baik dari sebelumnya,”ujar Mahmudin.

Sebagai informasi, berdasarkan buku pedoman akreditasi sekolah/madrasah yang dikeluarkan oleh BAN S/M Nasional, Akreditasi adalah kegiatan penilaian kelayakan program dan/atau satuan pendidikan berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan sebagaimana dinyatakan pada UU Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, pasal 1 ayat (22).(fz).