Tari Langgam Nusantara MTsN 1 Magelang Meriahkan Night Carnival Borobudur Tempo Dulu

Mungkid – Tari Langgam Nusantara kreasi siswa MTsN 1 Magelang, meriahkan Night Carnival Borobudur Tempo Dulu Tahun 2018 di Borobudur, Sabtu (25/08).

Tari kreasi tersebut dibawakan oleh siswa kelas 8 Program Khusus, mengangkat tema kecil kehidupan yang bersumber pada relief Candi Borobudur. Dengan diiringi oleh musik manual, para  siswa membawakan cerita yang berangkat dari relief yang menggambarkan kapal kayu bercadik khas nusantara sebagai wujud penggambaran kebudayaan bahari purbakala. Kebudayaan yang melekat hingga saat ini diwarnai oleh berbagai etnis di seluruh nusantara. Implementasi tubuh Tribangga pada bidadari Surasundari merupakan sikap tari yang menjadi ciri khas dalam setiap visual tari daerah.

Kepala MTsN 1 Magelang, Gunartomo, menyampaikan bahwa setiap kekayaan etnis harus dijunjung dan diwarnai dengan toleransi berbudaya. Melalui pementasan tari tersebut, Gunartomo membuktikan bahwa siswa madrasah tidak hanya bisa mengaji, membaca kitab, tetapi mempunyai kesempatan untuk menampilkan bakat anak dalam bidang seni.

“Semoga tarian yang dipentaskan oleh siswa MTsN 1 Magelang dapat dinikmati oleh masyarakat umum di wilayah Borobudur, karena tentunya madrasah berharap kegiatan karnaval ini dapat dijadikan ajang sosialisasi bagi masyarakat, bahwa siswa maderasah tidak hanya bisa mengaji, membaca kitab, namun juga punya kesempatan untuk menampilkan bakat anak yang perlu difasilitasi dan dikembangkan,” kata Gunartomo.

Gunartomo juga menyampaikan, jika siswa madrasah difasilitasi dan dikembangkan bakat seninya, maka akan sangat bermanfaat bagi tahapan kehidupan selanjutnya.

“Apabila nanti terpaksa tidak dapat melanjutkan pendidikan di jenjang universitas, mereka sudah punya keahlian dan keterampilan untuk dipakai sebagai bekal dalam berkehidupan di masyarakat,” lanjutnya.

Dengan mengikuti karnaval, Gunartomo berharap para siswa semakin terbentuk karakternya, bagaimana harus punya keberanian tampil di depan orang banyak, bagaimana harus kompak dalam mementaskan tarian yang dibawakan, dan harus punya tanggung jawab yang tinggi.

Night Carnival Borobudur Tempo Dulu 2018 diselenggarakan oleh Panitia Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 73 Tahun 2018 Kecamatan Borobudur guna mengobarkan semangat nilai-nilai perjuangan kemerdekaan tahun 1945, mempererat persatuan dan kesatuan bangsa serta mengimplementasikan nilai-nilai kepahlawanan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Acara dimulai dari pukul 19.00 sampai dengan 23.00 WIB dengan rute start dari TIC Mandala Wisata – Jalan Bala Putra Dewa – Pramudya Wardani – dan finish Terminal Borobudur. (bams-am/sua)