Tebarkan Kedamaian adalah Inti Ajaran Rasulullah SAW

Slawi – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tegal menyelenggarakan bersholawat pada Rabu (03/01) selepas jalan santai Kerukunan Umat Beragama. Acara tersebut dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Amal Bakti Kementerian Agama ke-72, dihadiri oleh Habib Soleh Basalamah dari Brebes.

Acara yang sangat meriah ini, dilaksanakan di halaman depan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tegal Jalan Wahid Hasyim Slawi.

Kemeriahan itu, terlihat ketika grup hadroh dari Polres Tegal melantunkan beberapa lagu diiringi gemuruh nyanyian pengunjung dan lambaian serta tepukan tangan. Setelah penampilan grup hadroh, dibacakan kalimat toyibah dan doa dengan khusyuk.

Terlihat di atas panggung, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tegal Akhmad Farkhan, pejabat dari Kodim 0712, Kapolres Tegal, dan pejabat lainnya.

Dalam ceramahnya, Habib Soleh Basalamah mengambil tema tebarkan kedamaian, sama dengan tema HAB Kemenag tahun ini. "Tebarkan kedamaian adalah inti dari ajaran rosul yang terdiri dari tiga hal yaitu mahabah, akhlak, dan ikhlas," kata habib mengawali ceramahnya.

Lebih lanjut beliau menjelaskan bahwa mahabbah berarti cinta. Nabi Muhammad mendapat gelar habibullah. Orang yang cinta kepada Nabi Muhammad melaksanakan sunnah nabi dan masuk surga. Akhlak dalam Islam adalah saling menghormati dasn sebagai sentral akhlak adalah ra sulullah.

Ikhlas adalah rahasia diri, rahasia Allah. Ikhlas adalah memurnikan amal kita hanya karena mengharap ridha Allah SWT.Ikhlas berada dalam hati. "Barangsiapa melaksanakan tiga hal di atas dijamin hidupnya bahagia dunia dan akhirat," ungkap Habib Soleh Basalamah menutup ceramahnya. (jam-akb/za/rf)