Tempa Kemampuan Guru, KKG MI Gelar Pelatihan

Purbalingga – Dalam rangka meningkatkan kemampuan guru-guru Madrasah Ibtidaiyah di wilayahnya, Kelompok Kerja Guru MI Kecamatan Bukateja menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Penyusunan Kisi-kisi dan Soal bagi guru kelas VI Tahun 2017.

Kegiatan diikuti oleh 16 Madrasah Ibtidaiyah se-Kecamatan Bukateja ini diselenggarakan Sabtu (21/10) di Aula Kantor PPAI Kecamatan Bukateja. Bertindak sebagai narasumber Pengawas RA/BA-MI Kecamatan Kejobong, Mokhammad Hasyim dengan didampingi Pengawas RA/BA-MI Kecamatan Bukateja, Sujono.

Ketua KKG MI Kecamatan Bukateja, Sabikhi menjelaskan tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan anggotanya khususnya guru-guru kelas VI dalam penyusunan kisi-kisi dan soal baik penilaian harian maupun penilaian tengah semester.

“Dengan pelatihan ini diharapkan guru lebih baik lagi dalam menyusun soal, tidak asal-asalan apalagi copy paste. Pemahaman yang diperoleh dari kegiatan pelatihan ini juga bermanfaat bagi guru yang mendapat tugas menyusun soal penilaian semester di tingkat kabupaten,” ungkap Sabikhi.

Sabikhi juga menambahkan bahwa materi yang disampaikan meliputi penyusunan kisi-kisi dan soal beserta prakteknya. Kegiatan yang direncanakan berlangsung sehari ini akan dilanjutkan dengan kegiatan yang sejenis yang akan diikuti oleh seluruh guru MI se-kecamatan Bukateja Sabtu (28/10) yang akan datang dengan narasumber yang sama. Guru-guru kelas VI yang mengikuti kegiatan pelatihan ini akan difungsikan sebagai pendamping guru-guru lainnya pada saat pelatihan berikutnya berlangsung.

Motivasi kepada para guru peserta pelatihan juga diberikan oleh Pengawas RA/BA-MI Kecamatan Bukateja, Sujono. Sujono mengharapkan para peserta untuk mengikuti kegiatan pelatihan ini sampai akhir sehingga dapat memperoleh pemahaman yang mendalam tentang penyusunan kisi-kisi dan soal di tingkat Madrasah Ibtidaiyah.

“Setelah mengikuti kegiatan ini diharapkan Bapak/ Ibu lebih bisa dan lebih bagus dalam penyusunan kisi-kisi dan soal di Madrasah baik untuk penilaian harian maupun penilaian tengah semester,” jelas Sujono.

Sedangkan Hasyim dalam paparannya menjelaskan definisi dan kegunaan kisi-kisi,  syarat-syarat kisi-kisi yang baik, kriteria indikator yang baik, kriteria pemilihan SK/KD yang esensial, teknik penyusunan soal dan proses  pengembangan bank Soal. (sar/gt)