Tenangkan Hati dengan Membaca Al Qur’an

Kota Magelang –Senin (10/05)  Lembaga Pemasyarakatan Kelas II Magelang menyelenggarakan Khotmil Qur’an yang dirangkai kemudian dengan buka bersama bagi narapidana perempuan yang menghuni Wisma Anggrek Blok A. Sejumlah 27 orang narapidana dan 3 orang pembimbing dengan khusuk membaca kitab suci Al Qur’an sebagai penutup di akhir ramadhan tahun ini. Kegiatan Khotmil Qur’an yang telah secara rutin dilakukan pada ramadhan itu merupakan salah satu pembinaan bidang rohani untuk meningkatkan kualitas kesadaran beragama. Lapas yang beralamat di Jalan Sutopo Nomor 2 Kelurahan Cacaban Kecamatan Magelang Tengah Kota Magelang itu telah menjalin kerjasama di bidang pembinaan rohani keagamaan sejak lama dengan Kementerian Agama Kota Magelang. 

Pembinaan rohani Agama Islam yang dilaksanakan oleh Penyuluh Agama Islam Fungsional selama masa pandemi Covid 19 dilakukan secara daring sesuai jadwal di setiap minggunya. Tadarus Al Qur’an pada bulan ramadhan tahun inipun dilakukan secara daring sesuai jadwal yang telah dibuat. Namun demikian, khataman Al Qur’an dilakukan dengan tatap muka di komplek Lapas. Hal ini dilakukan selain sebagai penutup kegiatan program ramadhan, juga sebagai pencerahan dan pemberian motivasi agar para narapidana tetap bersemangat dan optimis dalam menatap kehidupan selanjutnya.

Kasi Bimas Islam Abdurrosyid, dalam ceramahnya menjelaskan mengenai keutamaan menjalani ibadah di bulan ramadhan. Beliau menyampaikan “Bulan Ramadhan adalah bulan ampunan. Siapapun yang menjalankan puasa ramadhan, maka Allah SWT akan mengampuni segala dosa-dosanya yang telah lalu. Apalagi ditambah dengan tadarus Al Qur’an, Allah SWT telah berjanji akan melipat gandakan pahalanya. Dengan bertadarus Al Qur’an akan menjadikan pertolongan kita ketika di hari akhir. Dengan bertadarus Al Qur’an akan menjadikan hati kita lebih tenang” terangnya.

Setelah ditutup dengan do’a oleh Kasi Bimas Islam, Penyuluh Agama Islam Fungsional (PAIF) Karomah mengucapkan terimakasih baik kepada pimpinan Lapas  Kelas II Magelang maupun para narapidana perempuan yang menghuni Wisma Anggrek. Karomah juga menyampaikan harapannya kepada para narapidana binaanya, agar mereka tetap tegar dan tabah dalam menghadapi ujian hidup yang tengah menimpanya. Dan juga selalu berupaya mendekatkan diri kepada Allah Ta’ala agar memperolah hidayah  dan keberkahan dalam kehidupannya. (Karomah/HS)