Tiga Kloter Calhaj Klaten Diberangkatkan

Klaten– Tiga Kloter jamaah calon haji (calhaj) Klaten musim haji 1438H yang tergabung dalam kloter 81,82,83 gelombang ke dua yang berjumlah 735 calhaj Klaten diberangkatkan Plt Bupati yang diwakili Sekda Kab Klaten Jaka Sawaldi di komplek GOR Gelar Sena Klaten, Senin (21/8).

Jaka mengatakan, jamaah calon haji yang sudah dinyatakan ikut bergabung dalam rombongan keberangkatan haji pada tahun ini harus memanfaatkan waktu sebaik-baiknya karena jumlah pendaftar dari tahun ke tahun terus meningkat. Berdasarkan jumlah pendaftar jamaah calon haji dan yang akan diberangkatkan tahun ini mencapai angka 1.083 orang, terbagi dalam empat kelompok terbang (kloter).

Calhaj merupakan calon-calon tamunya Allah SWT dan tidak setiap orang terpilih menjadi tamu-Nya (Allah). Menurutnya banyak orang yang masuk dalam katagori berkemampuan (kaya), tapi tidak digerakan hatinya untuk menunaikan rukun Islam yang kelima tersebut.

Oleh karenanya, dalam menunaikan ibadah haji, para Calhaj harus meluruskan niat. Selain melakukan ibadah haji hendaknya dibekali dengan ilmu, bisa membedakan mana perkara yang wajib dan mana perkara yang sunnah. Ibadah haji juga memerlukan kesehatan fisik dan mentalĀ  sehingga totalitas ibadah akan tetap terjaga.

“Mohon didoakan untuk masyarakat Kabupaten Klaten, agar tetap aman tenteram dan kondusif, jaga nama baik Klaten khususnya dan Indonesia umumnya. Semoga menjadi haji menjadi mabrur,” pesan Jaka.

Sementara itu, Plh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Klaten, M Yusuf dalam sambutannya menyampaikan terimakasih kepada seluruh pihak yang telah membantu pelaksanaan proses keberangkatan haji tahun 2017, semoga amal kebaikan diterima Allah karena telah melayani tamu Allah dengan baik.

Keberangkatan calon jamaah haji tahun ini dibagi menjadi dua gelombang, yakni gelombang pertama (Kloter 33) jumlah 355 yang diberangkatkan tanggal 6 Agustus 2017 lalu dan hari ini gelombang kedua (Kloter 81,82,83) jumlah 735. Alhamdulilah tanpa ada kendala dan bisa diberangkatkan semua.(sa_aj/wul)