Tim Helpdesk Siskohat Pastikan Jaringan Jateng Lancar

Boyolali (PHU) – Tim Helpdesk Sistem Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) dari Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) terus memantau kondisi jaringan Siskohat di seluruh Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) di Indonesia. Tim ini telah berkeliling ke seluruh wilayah Indonesia untuk memastikan semua perangkat berfungsi dengan baik guna memberikan kelancaran dalam pelayanan pendaftaran haji.

Kepala Seksi Pengelolaan Infrastruktur pada Subdit Data dan Sistem Informasi Haji Terpadu (SIHDU) Direktorat Pengelolaan Dana Haji dan SIHDU, Eko Dwi Irianto mengungkapkan, pihaknya siap menjangkau ke semua daerah untuk melakukan pendampingan teknis terkait dengan Infrastruktur Siskohat. Demikian disampaikan pada saat melaksanakan Rekonfigurasi/ Troubleshooting perangkat Siskohat di ruang Siskohat Seksi PHU Kankemenag Kabupaten Boyolali, Selasa (26/06).

“Tim kami siap 24 jam menerima keluhan dari teman-teman operator Siskohat di daerah terkait dengan berbagai permasalahan menyangkut infrastruktur Siskohat dan kami berusaha untuk dapat memberikan solusinya agar bisa online untuk dapat melakukan pendaftaran haji kepada jemaah,” ucap Eko.

Pria kelahiran Surabaya ini mengatakan Kementerian Agama selalu berupaya memperkecil gangguan sistem jaringan dalam rangka kesuksesan penyelenggaraan ibadah haji. Beliau juga menjelasakan bagaimana kondisi infrastruktur Siskohat dan berbagai permasalahnya di Indonesia, baik yang berada di wilayah Pulau Jawa maupun di luar Jawa.

“Biasanya infrastruktur yang sering bermasalah itu di Indonesia wilayah Timur, untuk di Jawa saya melihat infrastrukturnya sudah berjalan baik dan kuantitas troublenya terhitung kecil,” tuturnya.

Dijelaskan, permasalahan yang sering terjadi dalam jaringan Siskohat antara lain kerusakan pada komputer, fingerprint, kamera digital, kerusakan pada kabel dan konektor jaringan, maupun gangguan mengenai kecepatan koneksi internet pada saat proses entry data berjalan.

“Apabila ada permasalahan di Siskohat dan butuh penanganan cepat, langkah pertama agar segera dapat menelpon tim helpdesk Siskohat sesuai dengan nomor telpon yang tertera pda menu Siskohat, dan apabila Kemenag Kabupaten/ Kota berencana untuk memindahkan jaringan semisal terjadi renovasi kantor, agar dapat memberitahukan secara tertulis dan ditujukan ke kita agar nantinya kita dapat meremote dan mereset ulang jaringan Siskohatnya,” pungkasnya. (djs/gt).