Tim Hisab Rukyat Kemenag Kabupaten Purworejo Pantau Hilal

Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purworejo menyelenggarakan pemantauan hilal (rukyatul hilal) pada hari Selasa, 15 Mei 2018 di Gardu Pandang Pantai Jatimalang Purworejo. Hasil Rukyatul Hilal dan Data Hisab Posisi Hilal awal Ramadan akan dikumpulkan dan dimusyawarahkan dalam sidang isbat di Jakarta untuk kemudian diambil keputusan penentuan awal Ramadhan 1439 Hijriyah.

Pantai Jatimalang merupakan satu dari dua belas titik pemantauan hilal di Jawa Tengah. Lokasi yang lain di antaranya adalah Masjid Agung Jawa Tengah Semarang, Masjid Giribangun Banyumas, Assalam Observatory Sukoharjo, Pantai Kartini Jepara, STAIN Pekalongan, Pantai Segolok Batang, Pantai Longending Kebumen, Pantai Karangjahe Rembang, Pantai Alam Indah Tegal, Pantai Tanjungsari Pemalang, dan Universitas Muria Kudus.

Hasil pantauan bahwa hilal tidak terlihat. Berdasarkan hasil perhitungan, hilal berada di bawah ufuk yaitu minus 0 derajat 23 menit 13,28 detik. Posisi matahari terhadap hilal masih kurang dari 3 derajat. Dari hasil tersebut kemungkinan besar jumlah hari pada bulan sya'ban tahun 1439 Hijriyah akan digenapkan menjadi 30 hari.

Penyelenggaraan Rukyatul Hilal di Jatimalang dipimpin secara langsung oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purworejo, Drs. H. Bambang Sucipto, M.Pd.I. dan dihadiri oleh Kabag Kesra Setda Purworejo, perwakilan dari Kantor Kemenag Kota Magelang, Kantor Kemenag Kabupaten Temanggung, Pengadilan Agama Kabupaten Purworejo, MUI Kabupaten Purworejo, unsur perguruan tinggi islam, unsur pondok pesantren, dan unsur ormas dari NU maupun Muhammadiyah.