Tim Pramuka MTsN Kedu Peringkat Empat Lomba Tingkat 3 Kwartir Cabang Temanggung

Temanggung – Untuk melatih kemandirian dan keterampilan peserta didik dalam kepramukaan, Pramuka MTsN Kedu mengikuti lomba Tingkat 3 (LT 3) Kwartir Cabang Temanggung. Acara lomba ini diselenggarakan di SMK N 2 Temanggung pada hari Sabtu-Minggu, (29-30/04). Perlombaan tersebut diikuti oleh utusan dari SMP dan MTs se Kabupaten Temanggung.

Selaku Ketua dan Pembina Pramuka “tujuan diselenggarakannya lomba ini adalah untuk melatih kekompakan, kemandirian dan keterampilan kepramukan tingkat penggalang,” ujar Heru Wicaksono.

Dalam perlombaan tersebut, MTsN  Kedu  mengutus 1 sangga putri yang terdiri dari 8 siswa dan 1 sangga putri juga berjumlah 8 siswa yang semuanya masih duduk di kelas VII.  Sebelum lomba, mereka berlatih dari jauh-jauh hari dengan semangat. Setiap selesai kegiatan belajar, mereka berlatih bersama dengan pelatihnya, Untung Hidayat, yang biasa disapa pak Untung.

Kegiatan loma pada hari pertama adalah Lomba Kepramukaan seperti Isyarat Semaphore, Morse Pluit, Morse Bendera, Sandi, dan Peonering Gapura. Dan lomba Keterampilan Bahasa seperti lomba pidato bahasa Inggris dan bahasa Indonesia.

Sementara pada hari kedua yang diperlombakan adalah Lomba Kesenian seperti tari seni budaya, hasta karya, peta lapangan dan lomba P3K seperti membuat tandu.

Terkait dengan perlombaan tersebut, Kepala MTsN, Khaerun menegaskan bahwa keikutsertaan Pramuka MTsN Kedu di perlombaan ini bertujuan untuk menambah wawasan dalam menerapkan keterampilan kepramukaan, juga agar Pramuka MTsN Kedu semakin dikenal dan berprestasi.

Sementara, hasil yang didapat yaitu hasta karya putri juara 3 dan peta lapangan putra juara 2. Salah satu siswa yang mengikuti lomba mengaku senang dapat mengikuti lomba tersebut walaupun seharian diguyur hujan. Saya merasakan hidup mandiri, dapat memperoleh pengalaman dari teman-teman dari sekolah lain yang hebat-hebat, ujarnya.(sr/Af)