Tim Roket Air MTsN 1 Magelang Melenggang ke Seleksi KRAN 2018 Nasional

Mungkid – Galang Hidayat, anggota Tim Roket Air MTsN 1 Magelang, lolos dalam juara kelima Kejuaraan Roket Air Seleksi Daerah Tahun 2018 yang diselenggarakan oleh Taman Pintar Yogyakarta, Sabtu, (15/09) lalu. Selanjutnya Tim akan maju pada Kompetisi Roket Air Nasional Tahun 2018 (KRAN 2018), yang diselenggarakan Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, pada 28 s.d. 30 September 2018, di Jakarta.

Sebelum mengikuti kejuaran Roket Air Seleksi Daerah, Tim Roket Air MTsN 1 Magelang harus mengikuti workshop interaktif dan demo alat peraga Robotik, Robot Terbang, dan Roket Air di Phyagoras Hall Taman Pintar Yogyakarta, (14/08) lalu.

Pembina kegiatan Bambang Sugiarto, menyampaikan harapannya bisa meloloskan setidaknya dua tim ke tingkat Nasional namun hanya bisa meloloskan satu tim saja.

“Target yang ditetapkan tahun ini adalah bisa meloloskan minimal 2 tim ke tingkat Nasional, mengingat pada tahun sebelumnya MTsN 1 Magelang berhasil meraih juara 2 dan 4 dan berhak maju ke tingkat Nasional. Tapi kali ini kami hanya berhasil meraih juara 5 dari total peserta 170 tim, artinya kami hanya meloloskan 1 tim ke tingkat Nasional,” papar Bambang.

“Bagaimanapun hasil ini tetap kita syukuri, mengingat persaingan tim tahun ini juga lebih kompetitif. Kita akan evaluasi dan akan mempersiapkan lebih baik lagi agar pencapaian hasil di Kejuaraan Roket Air Nasional (KRAN) 2018 yang akan dilaksanakan di PP IPTEK TMII pada tanggal 28 September s.d. 1 Oktober 2018 nanti bisa lebih baik lagi,” harapnya.

Bambang mengharapkan doa dari seluruh warga MTsN 1 Magelang, agar perjalanannya dalam kompetisi tingkat Nasional berjalan lancer dan dapat memperbaiki peringkat.

“Hasil dari tahun 2016 ada di peringkat 20, tahun 2017 di peringkat 8 dan 10, dan semoga tahun ini Tim MTsN 1 Magelang bisa meraih hasil 6 besar sehingga dapat maju ke tingkat Internasional,” harapnya.

Kepala MTsN 1 Magelang, Gunartomo, menyatakan dukungannya terhadap kegiatan ekstra Robotik dan Roket Air baik dalam bentuk moril maupun materiil.

“Tim Roket air MTsN 1 Magelang yang diwakili siswa kelas IX PK, atas nama Galang Hidayat semoga meraih hasil terbaik. Semoga dapat berjalan lancar dan meraih prestasi yang membanggakan,” harap Gunartomo. (am/sua)